Pilkada Kota Cimahi

Spanduk Ucapan Selamat kepada Paslon Nomor Urut Tiga di Kota Cimahi Bermunculan

Ketua Panitia Pengawawasan Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi, Zainal Abidin mengatakan . . .

Spanduk Ucapan Selamat kepada Paslon Nomor Urut Tiga di Kota Cimahi Bermunculan
NAZMI ABDURRAHMAN
Spanduk ucapan selamat kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut tiga, dari DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Cimahi, di belokan Jalan Pesantren, Kota Cimahi, Jumat (17/2/2017). Meski KPU belum menetapkan secara resmi pemenang Pilkada Cimahi 2017, namun spanduk ucapan selamat sudah bertebaran di Kota Cimahi. 

Laporan Nazmi Abdurrahman

CIMAHI, TRIBUNJABAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan secara sah pasangan mana yang menang dalam Pilkada Cimahi 2017. Namun, spanduk ucapan selamat atas kemenangan pasangan calon nomor urut tiga, Ajay M Priatna-Ngatiyana sudah mulai bermunculan.

Bahkan, spanduk ucapan selamat kepada pasangan nomor tiga itu sudah dipasang sejak 15 Februari malam, beberapa jam usai pencoblosan.

Menurut pantauan Tribun, Jumat (17/2/2017) dari pertigaan Jalan Pesantren dan Amir Mahmud, sampai Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi saja terlihat ada lima spanduk membentang berisi ucapan selamat.

Spanduk pertama, di belokan Jalan Pesantren bertuliskan keterangan ucapan selamat dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Cimahi. Tiga spanduk serupa juga terbentang tepat di depan kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Cimahi. Satu lainnya berjarak sekira 50 meter dari Kantor DPC PDIP.

Ketua Panitia Pengawawasan Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi, Zainal Abidin mengatakan tidak ada larangan terkait hal tersebut. Sebab, pembentangan spanduk ucapan selamat tidak diatur dalam ketentuan Pilkada.

"Di Undang-Undang Pemilu memang tidak ada (aturan) ketika menang membetangkan spanduk, apakah melanggar atau tidak," kata Zainal saat ditemui di Kantor Panwaslu Kota Cimahi, Jalan Cisangkan, Jumat (17/2/2017).

Namun kata Zainal, jika ada spanduk yang dinilai melanggar ketertiban umum, masyarakat berhak melaporkan hal tersebut kapada pihak yang berwajib.

"Tapi Panwas mengimbau pemenang sementara jangan dulu bereuforia dengan membantang spanduk atau apa. Memang itu tidak ada larangan," katanya.

Demi kondusivitas, sambung Zainal, semua pihak mesti menghargai sesama pasangan calon yang mengikuti Pilkada. Yang menang tidak perlu mengungkapkan euforia berlebihan, sedangkan yang kalah harus legowo. (bb)


Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help