TribunJabar/

Menempuh Ratusan Kilometer untuk Menikmati Panorama Geopark Ciletuh

PUNCAK Darma, sore terasa temaram. Matahari hampir terbenam. Awan hitam yang menggelayut menghalangi sedikit sinarnya.

Menempuh Ratusan Kilometer untuk Menikmati Panorama Geopark Ciletuh
TRIBUN JABAR/DONY INDRA RAMADAN
Keindahan Geopark Ciletuh yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dilihat Panenjoan, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Sukabumi. Lokasi Panenjoan sendiri merupakan gerbang masuk objek wisata Geopark Ciletuh. 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- PUNCAK Darma, sore terasa temaram. Matahari hampir terbenam. Awan hitam yang menggelayut menghalangi sedikit sinarnya.

Cuaca di Puncak Darma sore itu cukup dingin. Angin berhembus kencang. Tapi itu semua tak menghalangi keindahan alam yang tersuguh di depan mata.

Dari Puncak Darma nampak Pantai Palangpang yang diapit oleh Sungai Ciletuh dan Sungai Cimarinjung. Pemukiman penduduk yang lampunya sudah dinyalakan menjadi keindahan tersendiri.

Puncak Darma, Pantai Palangpang dan beberapa curug di sekitarnya kini sedang jadi buah bibir. Selama setahun terakhir, tempat wisata yang ada di Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi ini menjadi buruan wisatawan. Mereka rela menempuh perjalanan puluhan, bahkan hingga ratusan kilometer untuk menikmati suasana Geopark Ciletuh.

Ini juga yang dilakukan oleh Yasin Hilmi (18) dan Ramdan Aquariesa (20). Yasin adalah warga Cianjur sementara Ramdan warga Ciwidey. Keduanya santri sebuah pasantren di Sukaraja, Sukabumi.

Yasin, Ramdan dan beberapa temannya tiba di Pantai Palangpang. Mereka diantar temannya sesama santri, Yusuf (22) yang merupakan warga Ciemas.

"Teman saya cerita tentang Ciletuh, jadinya penasaran. Sekarang lagi libur, kami memutuskan pergi ke sini," kata Ramdan.

Kesempatan mengunjungi Pantai Palangpang mereka manfaatkan untuk berfoto bersama. Tulisan Geopark Ciletuh menjadi titik utama mereka berswafoto.

Tak lama mereka mengunjungi Pantai Palangpang. Mereka ingin mengunjungi Curug Cimarinjung dan Puncak Darma.

"Kalau sempat sih ingin ke Puncak Darma," tambah Yusuf. Yusuf yang sudah beberapa kali ke Geopark Ciletuh tahu, untuk menuju ke Puncak Darma butuh perjuangan keras.

Halaman
123
Penulis: tis
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help