TribunJabar/

Taksi Online

Kendaraan 1.000 CC AKhirnya Diperbolehkan Menjadi Taksi Online

"Jadi yang kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) bisa dipenuhi oleh PM 32. Jadi yang 1.000 CC bisa sekarang," ujar Pudji

Kendaraan 1.000 CC AKhirnya Diperbolehkan Menjadi Taksi Online
chip.co.id
Illustrasi taksi online. 

JAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan uji publik Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. 

Salah satu yang peraturan yang diuji terkait dengan penggunaan kendaraan dengan kapasitas di bawah 1.300 cc. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, dalam uji publik disepakati bahwa kendaraan dengan kapasitas mesin 1.000 cc diperbolehkan untuk menjadi transportasi taksi online. 

"Jadi yang kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) bisa dipenuhi oleh PM 32. Jadi yang 1.000 CC bisa sekarang," ujar Pudji saat ditemui di Kemenhub Jakarta, Jumat (17/2/2017). 

Pudji menuturkan, pertimbangannya adalah pihaknya tidak mau bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang menerapkan kendaraan ramah lingkungan. "Kita kan berkaitan dengan go green, efisien dan sebagainya," tuturnya. 

Namun, Pudji memberikan catatan terkait diperbolehkannya kendaaran dengan mesin 1.000 CC jadi taksi online. Salah satunya, soal kapasitas penumpang yang tidak boleh melebihi batas maksimal kendaraan. 

"Misalnya kendaraannya hanya kapasitas empat orang. jadi, hanya tiga orang bisa numpang," katanya.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help