TribunJabar/

Bencana Longsor

Jalan Nasional Ambles, BPBD Kuningan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR

Agus mengatakan, ruas jalan yang ambles itu akan diperbaiki. Tim teknis intansi terkait melakukan penelitian terkait dengan . . .

Jalan Nasional Ambles, BPBD Kuningan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR
ISTIMEWA
Sebagian ruas Jalan Raya Darma Kuningan, Blok Wage, Desa Kawahmanuk, Kecamatan Cireungit, Kabupaten Kuningan, ambles, Jumat (17/2/2017). Akibatnya kendaraan baik sepeda motor, mobil, truk, dan lainnya yang akan melintasi jalan tersebut harus dialihkan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

KUNINGAN, TRIBUNJABAR.CO.ID - BPBD Kuningan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan perbaikan Jalan Raya Darma Kuningan. Ruas jalan sepanjang 30 meter di Blok Wage, Desa Kawahmanuk, Kecamatan Cireungit itu ambles Jumat (17/2/2017) pagi.

"Kami sudah koordinasi, jadi penanganannya sudah bukan di BPBD, tapi kementerian dan dinas bina marga provinsi (Jabar)," kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Agus Mauludin, kepada Tribun melalui sambungan telepon.

Agus mengatakan, ruas jalan yang ambles itu akan diperbaiki. Tim teknis intansi terkait melakukan penelitian terkait dengan rencana perbaikan jalan yang menghubungkan Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Majalengka itu.

"Perbaikan cukup lama paling cepat 4 bulan. Karena merubah kontruksi jalan. Jalannya kan ambrol semua," kata Agus.

Agus mengatakan, kemungkinan besar kontruksi jalan akan berubah. Sebab pihaknya menilai kondisi jalan tersebut labil dan rawan terjadi longsor sehingga dikhawatirkan ambles lagi.

"Lokasi longsor itu masuk Kuningan selatan yang merupakan daerah rawan longsor. Tapi ini baru pertama kali terjadi. Dulu (2016) pernah di Cikijing Kabupaten Majalengka, jaraknya dua kilometer dari lokasi yang ambles sekarang," ujar Agus.

Selain koordinasi dengan Kementerian PUPR, Agus mengatakan, pihaknya juga meminta bantuan Polres Kuningan. Hal itu berkaitan dengan pengalihan arus dan mengamankan lokasi ambles.

"Lokasi jalan ambles dekat dengan rumah warga. Ada beberapa rumah warga yang berdiri di pinggir jalan. Kami mengimbau kepada mereka untuk hati-hati dan waspada," kata Agus seraya menyebut intensistas hujan yang tinggi menjadi pemicu amblesnya jalan.

Seperti diketahui, ruas Jalan Raya Darma Kuningan, Blok Wage, Desa Kawahmanuk, Kecamatan Cireungit, Kabupaten Kuningan, ambles, Jumat (17/2/2017). Ruas jalan dari kedua arah ambles sehingga kendaraan tak bisa melintasi akses penghubung Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Majalengka itu. (cis)

Penulis: cis
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help