TribunJabar/

Bandung akan Kedatangan Anggota Teladan Pramuka dari Jepang

Pramuka Kota Bandung kedatangan tamu spesial dari Negeri Sakura, Jepang, yakni Saki Uchida di Balai Kota, Jumat (17/02/2017).

Bandung akan Kedatangan Anggota Teladan Pramuka dari Jepang
nandri prilatama
Ketua Kwarcab yang sekaligus Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto, usai memimpin apel kesiapan pramuka untuk pengamanan dan gerakan kebersihan pergantian tahun 2016-2017, di Taman Pramuka, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (30/12/2016). 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID -- Pramuka Kota Bandung kedatangan tamu spesial dari Negeri Sakura, Jepang, yakni Saki Uchida di Balai Kota, Jumat (17/02/2017).

Mahasiswi teladan Jepang yang juga seorang anggota kepanduan ini datang ke Kota Bandung mengikuti program 2016 Fuji Scout Scholarship Study Tour yang diselenggarakan oleh Scout Association of Japan.

Ketertarikan Saki terhadap Indonesia karena Gerakan Pramuka berkembang sangat masif, anggotanya sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia sedangkan di Jepang tidak semasif itu.

Selain itu, sebagai mahasiswi jurusan pariwisata, ia juga sedang mempelajari tentang berbagai komponen pariwisata di Indonesia, di antaranya adalah eco-tourism dan dark tourism.

Saki mengatakan, dark tourism adalah destinasi wisata yang terbentuk atau dirancang untuk memperingati peristiwa kesedihan di wilayah tersebut. Salah satu tujuannya setelah ia singgah di Bandung adalah museum tsunami di Aceh yang dirancang Ridwan Kamil sebelum ia menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Di Bandung, ia telah mempelajari bagaimana sebuah kota bisa menjadi destinasi wisata. Rencananya, ia akan mengunjungi berbagai tempat, seperti Museum Geologi, Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Sribaduga, Saung Angklung Udjo, dan tur kota menggunakan Bis Bandros.

Saki juga akan mengunjungi SMAN 8 Bandung dan SMAN 16 Bandung untuk bertemu dengan para pramuka di sana. Ia akan bercerita tentang Jepang dan tanah kelahirannya di Perfektur Oita.

“Saya ingin orang tidak hanya tahu tentang Tokyo. Saya berasal dari Perfektur Oita yang juga sangat indah dan nyaman untuk ditinggali,” tutur Saki.Sekretaris Daerah Kota Bandung, sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung, Yossi Irianto menerima kedatangannya Yossi pun mengaku senang bisa bertemu dengan Saki, mahasiswa teladan yang juga seorang pramuka yang aktif. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa Pramuka itu tidak mengenal batas latar belakang. Siapapun bisa menjadi Pramuka.

“Silakan berkeliling menikmati Kota Bandung. Anda akan menemukan banyak hal untuk bisa diceritakan kepada orang-orang di Jepang,” ujar Yossi.

Yossi mengatakan, Pemerintah Kota Bandung sudah beberapa kali telah melakukan kerjasama dengan beberapa kota di Jepang, seperti Hamatsu dan Kawasaki dalam bentuk sister city. “Jadi kami juga cukup sering bekerja sama dan berhubungan baik dengan pemerintah Jepang,” ujar Yossi.(tsm)

Penulis: Tiah SM
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help