TribunJabar/

Kuliner Bandung

Sedapnya . . . Burger Homemade Ciptakan Rasa Lengkap

Roti dan beragam isi di sini tidak berasal dari pabrikan. Ada tiga macam isi di dalamnya, yakni . . .

Sedapnya . . . Burger Homemade Ciptakan Rasa Lengkap
ISA RIAN FADILAH
Burger Hommade di Colony Corner Kota Bandung 

Laporan Isa Rian Fadilah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - MAKANAN dengan ciri dua tangkup roti ini sudah banyak penggemarnya. Selain mengenyangkan dan lezat, roti Amerika ini dikenal praktis karena mudah dibawa. Namun tak semua makanan praktis dibuat dari bahan-bahan jadi alias pabrikan. Bagi sebagian pelaku usaha burger, mereka cenderung memilih membuat bahannya sendiri. Dengan begitu, kebersihan dan kesehatannya terjamin yang berujung pada terciptanya burger berkualitas.

Salah satu burger hasil olahan sendiri (home made) adalah burger di Colony Corner. Roti dan beragam isi di sini tidak berasal dari pabrikan. Ada tiga macam isi di dalamnya, yakni daging sapi, ikan dori, dan ayam. Setiap burger bisa diisi dengan salah satu isi lainnya seperti bawang bombay, keju, nanas, atau pun pir.

Setiap burger mengandung 100 gram isian daging. Burger reguler tidak dilengkapi sayur mayur sepeti tomat dan daun salada. Sayur hanya disajikan bagi pelanggan yang memintanya.

Isian daging sapi dibuat dari bagian belakang sapi (topside round) sebanyak 80 persen dan 20 persen lagi lemak.
Isian daging ikan berasal dari dori fillet yang diberi tepung terigu, tepung roti, dan telur. Isian daging ayam diambil dari bagian dada dan paha ayam fillet. Isian daging sapi dan ayam dibakar. Sedangkan daging dori digoreng.

"Untuk burger caramelized onion, bawang bombaynya ditumis sampai berubah warna menjadi cokelat, lalu dikasih garam dan gula," ujar Chef Colony Corner, Eko Wahyu saat ditemui di resto tersebut Jalan Sumatra No 31, Bandung, pekan lalu.

Pembuatan burger diawali dengan membakar roti dan isian daging selama 10 menit. Setelah itu, roti dilumuri mayonaise dan ditambah lembaran keju dan daging. Saus disediakan terpisah. Rasa daging sapi pun benar-benar muncul. Mayonaise dan kejunya menambah gurih rasa burger. Sayur segarnya semakin menambah lengkap sensasi burger.

Setiap varian burger bisa dinikmati dengan Rp 25 ribu. "Sekali bikin 10 kilogram daging sapi. Setelah jadi dibekukan di suhu minus 20 derajat. Dagingnya awet sampai 3 bulan tanpa pengawet," kata Eko.

Dalam sehari, sekitar 50 porsi burger habis terjual. Menurut Manajer Operasional Colony Corner Andi Sinaga, sebagian besar pembeli memesan burger untuk dibawa pulang. Resto ini beroperasi setiap hari pukul 10.00 hingga 22.00 Wib. (ee)

Naskah ini juga bisa Anda baca di koran Tribun Jabar edisi Kamis (16/2/2017).

Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help