TribunJabar/

Kuliner Bandung

Dessert dengan Komposisi Unik Ini Diberi Nama Tansu - Cobain Yuk!

Dessert tersebut lahir dari tangan kreatif Rizky Firyan Pratama (25). Dengan mobil sebagai tempatnya berjualan, ia . . .

Dessert dengan Komposisi Unik Ini Diberi Nama Tansu - Cobain Yuk!
ISA RIAN FADILAH
Dessert dengan komposisi unik di Waroeng Tansu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isa Rian Fadilah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - KETAN putih berpadu dengan beragam jenis buah-buahan manis, susu murni, dan es krim, sangat jarang kita jumpai.

Dessert dengan komposisi unik ini bisa Anda nikmati di Waroeng Tansu.

Dessert tersebut lahir dari tangan kreatif Rizky Firyan Pratama (25). Dengan mobil sebagai tempatnya berjualan, ia bersama istri keliling even menjajakan dessert yang kemudian dinamakan ketan susu (tansu). Konsepnya sedikit mirip dengan sup buah. Bedanya, tansu mengandung ketan putih, es krim, dan susu murni.

Dengan bahan dasar ketan putih, sebanyak lebih dari sepuluh varian tansu dibuatnya. Basis rasanya pun tidak hanya manis. Rizky pun membuat beberapa menu tansu asin. Di antara lebih dari sepuluh menu tansu, fruits mixed ketan menjadi menu paling banyak dipesan. Fruits mixed ketan berisi ketan putih, setengah buah mangga arumanis, nangka, pisang ambon, leci, nata de coco, bubble buah, satu skup besar es krim vanila, sereal buah, susu murni, dan susu kental. Ketan disajikan hangat berlapis selai stroberi.

"Kalau enggak pakai selai stroberi, rasanya kurang mantap. Terus kalau pakai es krim rasa yang lain malah enek, jadi saya pakai es vanili aja," ujar Rizky saat ditemui di Gateway Pasteur Apartment Jalan Gunung Batu, kemarin.

Untuk memberikan kualitas rasa dengan standar yang diinginkan, ketan dan fla duren, green tea, sarikaya serta topping lainnya seperti oncom, dan serundeng, ia membuatnya sendiri.

Untuk buah, Rizky hanya memakai buah yang benar-benar matang. Jika persediaan mangga sedang tidak ada di pasaran, ia kerap menyetok mangga mentah dalam jumlah besar sekaligus.

"Kalau lagi enggak musim mangga, saya beli di pasar yang masih asem. Didiamkan di rumah sampai matang sendiri," katanya.

Ia hanya menggunakan mangga arumanis. Menurutnya, mangga ini memiliki rasa manis yang menyerupai mangga Thailand yang terkenal mantap. Diakuinya, mangga selain arumanis pernah dicobanya namun tak semantap arumanis. Ia tidak mau kompromi masalah mangga. Jika benar-benar tidak ada, ia malah lebih memilih tidak menggunakan mangga sama sekali.

Halaman
12
Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help