TribunJabar/

9 Cara Alami Ini Dipercaya Bikin Gigi Tambah Putih Mengkilat

Memutihkan gigi dengan cara laser atau proses penambalan enamel putih, biayanya tentu mahal. Selain itu, menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif

9 Cara Alami Ini Dipercaya Bikin Gigi Tambah Putih Mengkilat
shutterstock
Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Memiliki gigi putih mengilat seperti para selebriti Hollywood jelas jadi impian banyak orang. Namun, memutihkan gigi dengan cara laser atau proses penambalan enamel putih, biayanya tentu mahal. Selain itu, menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan bahkan cepat rusak. Dr Richard Marques, dokter gigi dari Wimpole Street Dental, Inggris, mengungkap ada sembilan cara alami untuk membuat gigi putih mengkilat. Dari pilihan yang bervariasi ini, ternyata makan strawberry, garam, dan keju bisa membantu memutihkan gigi!

Berikut adalah 9 cara alami untuk membuat gigi putih mengilat:

1. Menggunakan Soda Kue
Bubuk soda kue (baking soda) adalah alat pemutih gigi alami karena kandungan oksidasinya. Bubuk soda kue ini juga menjadi salah satu bahan dalam pembuatan pasta gigi. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur satu sendok teh bubuk soda kue dengan air. Lalu, oleskan cairan ini pada gigi secara reguler dengan menggunakan sikat gigi. Cara ini tidak akan merusak gigi dan cara ini akan membuat gigi secara perlahan-lahan menjadi putih.

2. Memakan Strawberry
Kandungan asam malat yang merupakan agen pembersih alami banyak dalam strawberry membuat buah ini pun ampuh memutihkan gigi. Caranya, tumbuk strawberry yang matang, lalu celupkan sikat gigi ke dalam tumbuhan strawberry tersebut. Namun, pastikan Mama berkumur sampai bersih setelah itu. Gunakan air hangat yang sudah ditaburi sejumput soda bikarbonat untuk mengurangi keasaman dalam mulut.

3. Kumur dengan Air Garam Hangat
Garam membantu memutihkan gigi secara alami, sekaligus menjaga kesehatan gusi karena mengandung anti bakteri. Cara penggunaannya adalah dengan mengaduk satu sendok teh garam dalam segelas air hangat yang belum lama dididihkan. Gunakan air ini sebagai air pencuci mulut. Jika ingin lebih efektif, setelah kumur dengan air garam, aduk setengah sendok teh bubuk soda kue dengan air, dan gunakan air ini pada saat menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi.

4. Makan Makanan Berwarna Putih
Ini mungkin kedengarannya aneh tetapi semakin putih makanan yang dimakan, semakin putih gigi. Untuk menjaga gigi tetap terlihat putih seperti mutiara, makanlah daging ayam, nasi putih dan ikan. Hindari makanan berpigmen seperti gula bit, blueberry, wortel, dan makanan Cina atau India yang seringkali mengandung kunyit atau pewarna makanan yang dapat menempel di enamel gigi dan menodai gigi.

5. Makan Apel
Apel adalah makanan pembersih gigi terbaik dengan cara alamiah. Cara kerja membersihkan buah apel ini adalah dengan tekstur buah yang membantu menggosok plak. Sama seperti  strawberry, apel juga mengandung asam malat untuk memperpanjang proses pembersihan.

6. Minum Air atau Susu
Cara alami untuk memutihkan gigi yang belum pernah dicoba adalah dengan minum susu. Kalsium yang terkandung dalam susu membantu menguatkan enamel gigi dan struktur gigi sekaligus tulang rahang. Sedangkan air adalah pembersih alami yang membantu menghilangkan plak gigi.

7. Makan Keju
Salah satu cara membersihkan gigi secara alami yang sangat bagus dan dapat menguatkan gigi adalah keju. Keju mengandung banyak kalsium yang membuat gigi kuat. Selain itu, keju juga memiliki permukaan yang dapat membersihkan, terutama keju padat seperti keju cheddar.

8. Kumur dengan Minyak Kelapa
Teknik ini dikenal dengan istilah "menyerap dengan minyak". Cara kerja membersihkan gigi dengan minyak kelapa adalah menuangkan satu sendok makan minyak kelapa ke mulut selama mungkin. Idealnya adalah 15 menit. Minyak kelapa dalam mulut ini akan menyingkirkan bakteria dan membantu mencegah plak dan noda muncul di gigi, di mana minyak ini akan bertindak sebagai pelumas.

9. Menggunakan Arang
Teknik ini mungkin terasa aneh, tetapi percaya atau tidak, arang sangat efektif untuk membersihkan gigi serta memutihkan gigi. Arang dari sabut kelapa seratus persen merupakan bahan semir alami yang akan membuat gigi mengilat. Selain itu, arang juga bisa memperkuat gigi, menghilangkan racun dari mulut, menyerap bakteri dan, yang paling penting, tidak mahal.

Itulah berbagai cara alami untuk memutihkan gigi. Mama mau coba yang mana?(*)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help