Home »

Techno

» News

Jaka, Penyandang Disabilitas yang Bekerja di Bank dan Jadi Pekerja Sosial

Meski indra penglihatannya tak sempurna, kinerjanya selama hampir 5 bulan sebagai petugas Telesales PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tak kalah deng

Jaka, Penyandang Disabilitas yang Bekerja di Bank dan Jadi Pekerja Sosial
Dok CIMB Niaga
Radinal Ali Zakaria 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Memiliki keterbatasan tidak menyurutkan semangat Radinal Ali Zakaria, atau yang biasa disapa Jaka, menjadi seorang pekerja. Meski indra penglihatannya tak sempurna, kinerjanya selama hampir 5 bulan sebagai petugas Telesales PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tak kalah dengan lainnya.

Karirnya sebagai petugas Telesales CIMB Niaga dimulai pada Oktober 2016 ketika proyek di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat yang diikutinya telah selesai. Dia mendapat informasi, penyandang disabilitas seperti dirinya bisa bekerja sebagai petugas Telesales di Bank CIMB Niaga.

Meski belum berpengalaman di perbankan, pria kelahiran 12 Agustus 1989 ini tetap mencoba peruntungan sebagai petugas Telesales. Dia berkeyakinan, kemampuan kerjanya tak kalah dari karyawan lainnya. “Saya optimistis saja bisa. Jadi saya tetap mau coba,” ujar Jaka Rabu (8/2/2017).

Dalam seminggu, Jaka bekerja selama 6 hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Sebagai petugas Telesales, tiap harinya, Jaka menghubungi nasabah potensial untuk menawarkan beragam produk funding yang dimiliki CIMB Niaga.

Untuk menunjang pekerjaannya, Jaka difasilitasi komputer beraplikasi khusus yang mengubah informasi tulisan menjadi suara. Dengan aplikasi tersebut, pria asal Bandung ini mampu menyampaikan informasi yang tertera pada komputer kepada setiap nasabah yang dihubunginya.

“Awalnya agak sulit karena belum ada gambaran bagaimana kerja jadi Telesales. Awalnya pun agak kaku pakai aplikasi komputer itu, tapi setelah dijalani saya pikir cukup menarik karena dari situ bisa komunikasi dengan nasabah yang perilakunya macam-macam,” ujar ayah dari dua anak ini. 

Untuk mengejar mimpinya, Jaka berkomitmen meneruskan karir sebagai petugas Telesales di CIMB Niaga. Sambil bekerja, dia berencana merintis sebuah perkumpulan sosial untuk membantu pendidikan para penyandang disabilitas. Perkumpulan ini sekaligus juga untuk menyalurkan hobi dan keinginannya menjadi pekerja sosial.

“Saya ingin meraih mimpi untuk terus berkarir setinggi mungkin di CIMB Niaga, meski saya seorang tuna netra,” katanya. (kompas.com)

Editor: dar
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help