Teenager

Percaya Berita Hoax

SALAH satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kej

Percaya Berita Hoax
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Halaman Teenager, Koran Tribun Jabar, Edisi SElasa 17 Januari 2017. 

ZAMAN sekarang, informasi itu sangat banyak. Kita pun susah membedakan mana yang benar dan salah. Bahkan, orang-orang lebih mudah percaya sama berita hoax.

Duh, kenapa ya? Kita bisa lihat alasan kenapa orang mudah percaya berita hoax, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu hoax.

Arti 'hoax'
Seperti ditulis di hai-online, hoax atau pemberitaan palsu menurut wikipedia adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu.

Padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

Bedanya dengan sulap
Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya.

Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton enggak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Tapi kenapa hoax gampang dipercaya ya?(*)

Selengkapnya, guys, naskah ini bisa dibaca di rubrik Teenager edisi cetak Tribun Jabar, halaman 24, Selasa 17 Januari 2017. Ikuti terus perkembangan dan informasi-informasi terbaru lainnya di fan page sobat_teenager , IG: @sobat_teenager, dan ID Line: sobat_teenager.

Editor: dic
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help