Siapkan Beasiswa, Aher Khawatir Pelajar di Pelosok Seperti Ujung Genteng Tak Mau Kuliah

Pasalnya, Aher sapaan akrabnya, khawatir jika para pelajar berprestasi tersebut tidak bermimpi melanjutkan sekolah ke peguruan tinggi karena jarak

Siapkan Beasiswa, Aher Khawatir Pelajar di Pelosok Seperti Ujung Genteng Tak Mau Kuliah
TRIBUN JABAR/M ZEZEN ZAINAL M
MELEPAS TUKIK - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melepas tukik-tukik di Pantai Ujung Genteng, tepatnya di kawasan Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Senin (2/1/2017). 

JATINANGOR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, selain menegerikan beberapa universitas swasta dan membuka Perguran Tinggi Diliar Domisili (PDD), Pemprov Jabar juga memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi yang berada di pelosok.

Pasalnya, Aher sapaan akrabnya, khawatir jika para pelajar berprestasi tersebut tidak bermimpi melanjutkan sekolah ke peguruan tinggi karena terkendala jarak yang sangat jauh.

"Misal di Ujung Genteng Sukabumi. Di sana ada SMA. Tapi kan jaraknya kalau sampai Bandung bisa 8-10 jam kalau pakai mobil. Saya khawatir mereka tidak minpi sekolah yang lebih tinggi," katanya usai menghadiri Deklarasi Unpad sebagai PTNBH sekaligus penandatanganan prasasti PTNBH di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Sabtu (14/1/2017).

Maka dari itu, kata dia, Pemprov Jabar melakukan Afirmatvie Action. Yakni dengan cara memberikan beasiswa untuk pelajar dti pelosok ke perguran-perguran tinggi yang ada di Jawa Barat, termasuk Unpad.

Pemprov Jabar juga memberikan beasiswa kepada mahasiwa Fakultas Kedokteran Unpad yang berasal dari pelosok. Namun, Pemprov Jabar memberikan syarat perjanjian agar para dokter tersebut setelah lulus kembali ke daerah tempat tinggalnya.

Pasalnya, kata Aher, dokter di Jawa Barat jumlahnya sangat memadai dengan jumlah penduduk yang ada. Jadi tidak memadai karena para dokter menumpuk di perkotaan. Karena, kata dia, kebanyakan yang menjadi dokter adalah orang-orang kota.

"Jadi kami dorong untuk kembali lagi ke daerahnya dengan beasiswa itu. Agar mereka betah dan membangun daerahnya dan tidak kembali ke kota lagi," kata dia.(raw)

Penulis: raw
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help