TribunJabar/

Pemkot Akan Rekrut 4.500 Tenaga Pencacah untuk Verifikasi Nilai Objek Pajak

Pemerintah Kota Bandung akan merekrut 4.500 tenaga untuk mensurvei data Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Pemkot Akan Rekrut 4.500 Tenaga Pencacah untuk Verifikasi Nilai Objek Pajak
TRIBUN JABAR/TIAH SM
Kepala Disyanjak Kota Banndung Ema Sumarna menyosialisasikan 9 macam pajak di Taman Sari Food Fest, Minggu (4/9/2016). 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID -- Pemerintah Kota Bandung akan merekrut 4.500 tenaga untuk mensurvei data Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Untuk membayar honor petugas mencacah PBB dialokasikan dana sebesar Rp 38 miliar oleh Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) di APBD 2017.

Kepala BPPD Kota Bandung Emma Sumarna mengatakan, pendataan kembali PBB karena data nilai jual objek pajak (NJOP) tidak sesuai dengan harga di lapangan.

"Saat ini NJOP di PBB jauh lebih murah dengan di lapangan, contoh di PBB NJOP tertulis Rp 300 ribu/meter padahal di lapangan sudah Rp 4 juta/meter, makanya harus ada perbaikan," ujar Emma di Balai Kota, Jumat (13/1/2017).

Emma mengatakan, adanya penyesuaian NJOP tidak akan memberatkan wajib pajak khususnya kelas rumah tangga.

Adanya penyesuaian NJOP kelas rumah tangga paling naik 6 persen dari sebelumnya harus dibayar. Namun menurut Emma kenaikan yang signifikan mencapai 100 persen bangunan pinggir jalan seperti bangunan pertokoan atau kantor.

"Penyesuaian NJOP ini, masih menunggu pengesahan wali kota," ujar Emma.

Menurut, Emma, jika NJOP sudah disesuaikan bakal ada potensi kenaikan pendapatan dari sebelumnya Rp 383 miliar menjadi Rp 506 miliar.

Emma mengatakan di Kota Bandung pada 2016 lalu telah mencetak 544 ribu lembar wajib pajak tenyata banyak yang dobel setelah diseleksi jumlah wajib pajak hanya 338 ribu.

Sementara itu Sekda Kota Bandung Yossi Irianto di Balai Kota mengatakan, rencana menerbitkan regulasi baru terkait penyesuaian NJOP setelah melalukan kajian ilmiah berdasarkan berbagai faktor, mulai dari perhitungan assessment sales ratio, penggunaan lahan, dan klasifikasi jalan sehingga diperoleh pembobotan nilai persentase penyesuaian NJOP.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help