Musim Liburan, Agen Travel Raup Keuntungan Rp 50 Juta Perbulan

Dari satu agen saja warga yang wisata ke luar negeri mencapai 200 orang

Musim Liburan, Agen Travel Raup Keuntungan Rp 50 Juta Perbulan
ISTIMEWA
Kawasan Cina dan Asia Tenggara masih menjadi favorit warga Jabar untuk berlibur ke luar negeri 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID -- Jumlah wisatawan indonesia yang liburan ke luar negeri ramai peminat. Hal ini terbukti dengan banyaknya tiket yang habis terjual dibeberapa agen perjalanan wisata ke luar negeri, dalam satu tahun satu agen perjalanan bisa menjual sekitar 2.400 tiket.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh  Adi Bayu Permana (34), pemilik agen perjalanan Trust Tour and Travel ini menjelaskan bahwa rata-rata penjualan tiket yang habis terjual mencapai hingga 200 tiket dalam satu bulannya. Untuk wisatawan yang berasal dari Jawa Barat yang memesan tiket wisata ke luar negeri mencapai 50 hingga 70 tiket perbulannya.

“Kami menyediakan paket wisata domestik dan internasional. Total penjualan tiket wisata ke luar negeri perbulannya kisaran 200 tiket dalam satu bulan. Selain itu, khusus untuk wisatawan yang berasal dari Jawa Barat berada di kisaran 50 hingga 70 tiket perbulannya,” jelasnya saat ditemui di kantornya Ruko Apartemen Gateway, Bandung.

Adi juga menjelaskan bahwa negara dengan destinasi paling banyak yang dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia adalah negara-negara wilayah asia tenggara seperti Korea, Singapura, dan Thailand. Selain itu, sebagian besar yang memesan tiket adalah mahasiswa dan orang-orang yang sudah bekerja.

“Untuk para wisatawan Indonesia yang memesan paket perjalanan ke luar negeri biasanya negara tujuan favorit adalah yang berada di kawasan Asia Tenggara. Paling banyak biasanya ke Korea, Singapura, dan Thailand. Untuk yang memesan tiket sendiri rata-rata mahasiswa dan yang sudah bekerja,” tambahnya.

Meskipun demikian, jumlah tiket yang terjual untuk paket wisata domestik masih unggul jika dibandingkan dengan jumlah tiket yang terjual ke luar negeri. Dalam satu bulan tiket yang terjual untuk destinasi wisata di seluruh tempat yang ada di Indonesia mencapai 300 tiket atau dengan kata lain dalam satu tahun terjual hingga 3.600 tiket di satu agen perjalanan wisata.

“Jumlah  tiket yang terjual untuk paket wisata domestik masih lebih unggul jika dibandingkan dengan yang ke luar negeri. Dalam satu bulan rata-rata terjual sekitar 300 tiket. Dengan destinasi favorit Bali dan Raja Ampat,” ujar Adi.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Allan Cahyadi, pemilik agen perjalanan Ogistica ini juga menjelaskan dalam satu bulan wisatawan yang berasal dari Jawa Barat berkisar antara 50 hingga 70 orang. Dalam satu bulan agen perjalanan ini bisa memberangkatkan hingga tiga kali rombongan.

“Jadi dalam satu bulan itu rata-rata bisa hingga tiga kali memberangkatkan wisatawan ke luar negeri, dan paling sedikit dalam satu rombongan berjumlah dua puluh orang. Jadi dalam satu bulan bisa mencapai rata-rata 60 orang wisatawan yang liburan ke luar negeri,” jelas Allan saat ditemui di Jatinangor.

Allan juga menjelaskan bahwa biasa negara di wilayah asia yang menjadi destinasi favorit wisatawan indonesia adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan Korea. Sedangkan jika di eropa biasanya jerman yang menjadi pilihan terbanyak para wisatawan Indonesia.

“Kalau destinasi negara di asia paling banyak itu Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan Korea, sedangkan kalau di eropa biasanya jerman,” tambah Allan.

Dengan antusias wisatawa yang sebesar ini tentunya omzet yang didapatkan oleh para agen perjalanan domestik maupun internasional ini sangat menggiurkan. Untuk agen perjalanan Trust Tour and Travel dalam satu bulan bisa meraup omzet hingga 50 juta, sedangkan untuk Ogistica yang baru saja memulai bisnisnya ini sudah meraup omzet hingga 4 juta.

“Untuk omzet Trust Tour and Travel sendiri meraup omzet hingga 50 juta perbulannya. Itu didapatkan dari seluruh penjualan tiket yang ada. Dari mulai penjualan tiket di kantor langsung maupun media sosial,” jelas Adi.(*)

Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help