TribunJabar/
Home »

Opini

BUKU PILIHAN

Meraih Pesan-Pesan Moral Alquran

Namun, pesan-pesan ideal Alquran belum sepenuhnya membumi dalam kehidupan umat Islam. Tentu bukan Alquran yang salah

Meraih Pesan-Pesan Moral Alquran
Internet
Buku Melejitkan Energi Al-Quran

Judul: Melejitkan Energi Al-Quran
Penulis: Dr. Muhammad Iqbal, M.Ag
Penerbit: Zaman
Cetakan: I, September 2016
Tebal: 387 halaman
Harga: Rp 74.000

Al-Quran menyimpan energi yang sangat dahsyat bagi umat Islam. Seorang orientalis Inggris, Hamilton Alexander Rosskeen Gibb, mengakui bahwa tidak ada seorang pun dalam lima belas abad ini yang memberikan pengaruh begitu besar terhadap kemanusiaan seperti yang dilakukan Muhammad bersama Alquran yang dibawanya.

Diyakini bahwa, sebagai petunjuk bagi manusia, Alquran dapat menyelesaikan berbagai masalah kehidupan manusia. Namun, pesan-pesan ideal Alquran belum sepenuhnya membumi dalam kehidupan umat Islam. Tentu bukan Alquran yang salah, melainkan umat Islam belum sepenuhnya mampu menerjemahkan pesan moral Alquran ke dalam realitas.

Dr. Muhammad Iqbal, penulis buku ini, mencoba menggali energi yang tersimpan di dalam Alquran. "Buku ini menjadi representasi kegalauan saya bahwa kita perlu lebih serius mengakrabi diri dengan Al-Quran dan menjadikannya sebagai rujukan bagi setiap permasalahan kehidupan.... buku ini merupakan refleksi selintas saya atas pelbagai persoalan keislaman, lalu mencoba menyorotinya dari sudut Al-Quran." (Halaman 8)

Buku ini disusun menjadi enam bagian, yaitu Al-Quran dan Penyucian Jiwa; Al-Quran dan Keberagamaan Kita; Al-Quran dan Pembinaan Keluarga; Berdialog dengan Al-Quran; Dialog dengan Kekuasaan; dan Bulan Penjernihan Jiwa. Tiap bagian berisi sejumlah judul yang saling berkaitan. Bagian pertama, misalnya, berisi tulisan berjudul "Berbagi dengan Orang Lain", "Memahami Hidup", "Menjalani Hidup", dan seterusnya.

Pendek kata, tiap tulisan memuat untaian inspirasional ayat Allah dan sabda Rasulullah yang terkait dengan banyak hal, mulai dari kehidupan pribadi, bermasyarakat, bernegara, dan seterusnya. Pemahaman terhadap ayat-ayat dan sabda-sabda tersebut kian relevan sebab catatan reflektif ini dirangkai secara lugas dan tepat. Sederhana tapi tak mengabaikan kedalaman makna, serta mengetuk sanubari dan menggugah kesadaran.

Dengan menggali Alquran, kita akan memperoleh ilham yang menginspirasi sendi-sendi kehidupan: ia menginspirasi manusia untuk menjadi pribadi yang berintegritas dan saleh kepada Tuhan dan segenap ciptaan; ia menginspirasi keluarga dalam membangun rumah tangga yang penuh rahmat dan cinta; ia menginspirasi para penguasa dalam bersikap adil.

Muhammad Iqbal lahir di Medan, 10 September 1968. Menjalani SD, MTs, dan MAN di Medan, ia kemudian menyelesaikan tingkat sarjananya di IAIN Imam Bonjol, Padang (1993). Ia meraih gelar magister agama di IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1996), lalu memperoleh gelar doktor di universitas yang sama pada 2005. Sejak kuliah S1 ia aktif menulis di berbagai media massa. Ia juga sudah memublikasikan tidak kurang dari 31 karya ilmiah.

Dengan latar belakang penulis seperti ini, dapat dikatakan bahwa buku ini layak diparesiasi dan menjadi bahan renungan demi meraih berbagai pesan moral dari kandungan Alquran. Selamat menggali energi Qurani dan melejitkan kekuatannya. (*)

Penulis: Hermawan Aksan
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help