Success Story

Sidrotun Naim, Dinanti Petambak Jawa Barat

PENELITIAN yang akan dilakukan oleh Sidrotun Naim dalam waktu dekat hasilnya mungkin akan dinanti-nanti oleh petambak di Jawa Barat.

Sidrotun Naim, Dinanti Petambak Jawa Barat
TRIBUN JABAR
Sudrotun Naim

PENELITIAN yang akan dilakukan oleh Sidrotun Naim dalam waktu dekat hasilnya mungkin akan dinanti-nanti oleh petambak di Jawa Barat. Ia akan meneliti budi daya seperti apa yang peluang berhasilnya lebih tinggi. "Ke depan untuk Jawa Barat, dengan Instrat kami akan mulai kajian sosial. Fokusnya di perikanan air tawar atau air payau," katanya kepada Tribun, akhir pekan lalu di Hotel Grand Tjokro.

Ia mengatakan, mereka akan melakukan kajian sosial, misalnya bagaimana budi daya ikan yang peluang suksesnya lebih tinggi. Menurutnya, keberhasilan petambak atau pembudi daya ikan saat panen bukan suatu kebetulan. Ada hal-hal yang bisa diteliti dan kemudian hasilnya diterapkan oleh petambak lain sehingga petambak lain pun bisa berhasil.

"Misalnya banyak petambak yang gagal panen dan ada yang berhasil. Itu kan bisa kita gali. Apa kuncinya yang bisa diduplikasi. Karena kalau kita bilang itu kebetulan, tidak bisa ditiru oleh orang lain," ucapnya.

Ia juga melihat banyak aplikasi yang bisa diterapkan dalam perikanan air tawar. Contohnya tumpang sari serta rotasi. Hal seperti ini sudah lumrah dilakukan di perkebunan atau pertanian, tapi di perikanan belum dikaji dan dilakukan lebih jauh.(tis)

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help