TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Mikro

Kenaikan Harga Cabai Sumbang Inflasi di Jabar

Hasil pemantauan harga barang dan jasa selama November 2016 tercatat beberapa komoditas mengalami kenaikan dan . . .

Kenaikan Harga Cabai Sumbang Inflasi di Jabar
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
CABAI MERAH -- Seorang warga berbelanja cabai merah di Pasar Induk Caringin, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu (20/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID- Hasil pemantauan harga barang dan jasa selama November 2016 tercatat beberapa komoditas mengalami kenaikan dan penurunan harga serta memberikan andil inflasi/deflasi cukup siginifikan. Kenaikan harga cabai menyumbang inflasi di bulan November 2016.

"Komoditas yang mengalami kenaikan harga dan memberikan andil inflasi antara lain bawang merah, cabe merah, cabe rawit, beras, tomat sayur, tarif pulsa, pasir, dan sewa rumah," kata Kepala BPS Provinsi Jawa Barat Bachdi R pada acara pemaparan bulanan Inflasi Jawa Barat di Kantor BPS Provinsi Jawa Barar Jalan PHH Mustopa, Kamis (1/112/2016).

Untuk komoditas yang mengalami penurunan dan memberikan andil deflasi signifikan antara lain telur ayam ras, daging ayam ras, semen, kentang, jengkol, apel, gula pasir, dan minyak goreng. "Andil inflasi gabungan Jawa Barat untuk Kelompok Bahan Makanan pada November 20162016 sebesar 0,38 persen. Bulan November komoditas di kelompok ini memang banyak mengalami kenaikan seperti
bawang merah, cabe merah, cabe rawit, beras, tomat sayur, dan jagung manis," katanya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barar mencatat dari hasil pendataan harga yang meliputi tujuh kota pantauan Indeks Harga Komsumen (IHK) Gabungan di Jawa Barat tercatat bahwa, pada November 2016 Jawa Barat mengalami inflasi sebesar 0,55 % atau terjadi kenaikan IHK dari 123,24 pada Oktober 2016 menjadi 123,92 pada November 2016. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help