Kesehatan

Ini Dia Lima Cara Mudah Agar Cepat Hamil

Masalah infertilitas barang pasti menjadi hal yang tak menyenangkan bagi pasangan yang sangat berharap memiliki anak.

Ini Dia Lima Cara Mudah Agar Cepat Hamil
WEB
Ilustrasi wanita hamil 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Masalah infertilitas barang pasti menjadi hal yang tak menyenangkan bagi pasangan yang sangat berharap memiliki anak. Di Indonesia sendiri, masalah kesuburan ini terjadi pada sekitar 12-15 persen pasangan suami istri di usia produktif. Sebenarnya, kehamilan yang sehat amat dipengaruhi oleh bagaimana kita mempersiapkan hal-hal prakehamilan. Contoh sederhananya seperti menjaga pola makan sehat. Nah, berikut ini adalah cara untuk meningkatkan peluang kehamilan yang dapat kita lakukan dengan mudah.

1. Berhenti merokok, sekarang juga! 

Berhenti merokok, sekarang juga!
Jika Anda atau pasangan merokok, berhentilah sesegera mungkin. Ini memang mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, ingatlah, hidup dengan menanggung efek samping dari rokok juga tidak mudah. Jika memang ada keajaiban yang membuat Anda atau pasangan hamil, Anda juga tidak ingin bukan kalau si kecil terkena racun rokok baik di dalam atau di luar rahim?

Merokok secara serius dapat merusak kesuburan kita. Hal ini tidak dapat diperdebatkan lagi. Bagi pria, merokok dapat merusak sperma dan DNA. Sedangkan wanita, merokok disaat merencanakan kehamilan, secara radikal dapat mengurangi kemungkinan untuk hamil. Bahkan, meningkatkan risiko keguguran, masalah kehamikan ektopik, hingga rusaknya DNA.

Dr. Suzanne Gilberg-Lenz, an ob-gyn in private yang berpraktik di Beverly Hills mengatakan, rokok juga menyebabkan pembatasan pertumbuhan janin dan disfungsi plasenta. Menurut sebuah studi, waktu para perokok untuk menunggu kehamilan lebih lama setahun atau lebih, dibandingkan dengan nonperokok. Jadi, pilihannya sederhana. Hidup Anda dan Anak Anda atau rokok?

2. Kurangi asupan kafein 

Kurangi asupan kafein
Jika Anda biasanya mengonsumsi satu hingga dua cangkir kopi atau teh setiap hari, tak jadi masalah. Namun, jika Anda tergolong pecinta kafein (kopi, teh, hingga soda), sebaiknya mulailah untuk menguranginya. Sebaiknya pangkaslah asupan kafein Anda hingga 150 miligram setiap hari, atau sekitar satu cangkir kopi. Tujuannya jelas, untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Selidik punya selidik, kafein adalah diuretik (penyebab naiknya laju urinasi) yang “mencuci” kalsium dan nutrisi yang menjadi kunci untuk meningkatkan kehamilan, sebelum diserap dengan sempurna oleh tubuh.

3. Berhenti mengonsumsi alkohol 

Berhenti mengonsumsi alkohol
Bagi Anda yang rutin mengonsumi alkohol baik dalam kadar moderat atau tidak, ada baiknya untuk meninggalkan kebiasaan itu. Sebab banyak penelitian telah menunjukkan kalau alkohol bisa memengaruhi kesuburan Anda dan pasangan. Meskipun beberapa penelitian mengatakan kalau konsumsi alkohol dalam kadar moderat cukup baik bagi tubuh, tapi mengapa mesti mengambil risiko, bukan?

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: fam
Sumber: Intisari
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help