TribunJabar/

Luhut Minta Babinsa Juga Ahli di Bidang Kemaritiman

"Karena kita ini negara kepualuan, maka kita harus jaga bersama-sama," kata Luhut.

Luhut Minta Babinsa Juga Ahli di Bidang Kemaritiman
KOMPAS.com/DANI PRABOWO
Luhut Binsar Panjaitan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya , Luhut Binsar Pandjaitan meminta komandan kodim (dandim) dan komandan korem (danrem) se-Indonesia turut menjaga garis pantai di wilayahnya. Sebab Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang itu rawan disusupi pelaku-pelaku kejahatan.

“Garis pantai yang panjang itu kita sadari betul dan kemampuan kita terbatas," kata  Luhut kepada wartawan di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD, Jalan Hegarmanah, Kota Bandung, Rabu (16/11/2016).

Salah satu cara, kata Luhut, dandim dan danrem meningkatkan kemampuan peran babinsa di bidang kelautan atau kemaritiman. Dengan begitu, kata dia, babinsa bisa mengajak masyarakat bersama-sama menjaga garis pantai.

"Karena kita ini negara kepualuan, maka kita harus jaga bersama-sama," kata Luhut.

Tak hanya menjaga garis pantai, kata Luhut, babinsa juga harus bisa menggali potensi kemaritiman. Ia yakin dengan tergalinya pontensi kemaritiman tersebut juga bisa menyejahterakan masyarakat.

“Masih banyak yang bisa diperbuat untuk negeri ini agar bisa lebih hebat,” kata Luhut.

 Apalagi diakui jika potensi ekonomi di bidang kelautan di Indonesia baru tergali sembilan persen. "Dengan meningkatkan perekonomian di sektor kelautan baik bentuknya pariwisata dan lainnya, kita berharap bisa dapat inkome dan nbisa menjadi kontrol penetrasi dari luar," kata Luhut.

 Luhut menambahkan, pihaknya juga meminta dandim dan danrem bekerja secara profesional sesuai dengan tugas pokoknya. Di samping itu, dandim dan danrem harus bicara selalu dengan data bukan persaaan.

 “Data itu berikan cermin bahwa yang dilakukan pemerintah selama dua tahun terakhir ada perbaikan yang signifikan,” kata Luhut yang enjadi narasumber apel dandim dan danrem se-Indonesia.(cis)

Penulis: cis
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help