Sensasi Berenang Bersama Ikan Dewa di Cibulan

Di Kedua kolam besar terdapat gerombolan Ikan Dewa. Oleh masyarakat setempat, Ikan Dewa atau disebut juga dengan ikan kancra bodas

Sensasi Berenang Bersama Ikan Dewa di Cibulan
tribunjabar
Berenang bersama ikan dewa di Cibulan 

WISATA Pemandian Cibulan terletak di desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Cibulan menjadi salah satu pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kuningan baik di saat liburan maupun hari-hari biasa.
Cibulan memiliki dua kolam besar dengan ukuran 35 x 15 meter dengan kedalaman sekitar 2,5 meter. Sedangkan kolam kedua berukuran 45 x 15 meter dengan kedalaman yang berbeda, sebagian dalamnya 60 sentimeter sedangkan bagian lain berkedalaman sekitar 120 sentimeter. Selain itu terdapat satu kolam buatan dengan kedalaman sekitar 40 sentimeter yang biasanya digunakan oleh balita.

Di Kedua kolam besar terdapat gerombolan Ikan Dewa. Oleh masyarakat setempat, Ikan Dewa atau disebut juga dengan ikan kancra bodas sangat dikeramatkan. Menurut Umbara, pengurus pemandian Cibulan, mitosnya ikan-ikan dewa ini dahulunya adalah prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Air di kedua kolam dijaga kebersihannya oleh petugas dengan menguras kolam jika air dianggap sudah tidak bersih. Apabila kolam dikuras ikan-ikan ini berkumpul di kolam yang paling dalam. Dari dulu hingga sekarang jumlah ikan-ikan di sini tetap, tidak berkurang maupun bertambah. “Pada malam-malam tertentu ikan ini hilang entah kemana,” katanya.
Wisatawan bisa bermain sepuasnya dengan ikan-ikan tersebut, mereka diperbolehkan untuk memberi makan dan menangkap namun tidak untuk dikonsumsi atau dibawa pulang hanya menyentuh atau sekadar berfoto dengan ikan tersebut.

Cibulan 1
Objek wisata Cibulan

Fitri (19), pengunjung asal Cirebon menuturkan jika awalnya merasa takut berenang dengan ikan yang berukuran besar tersebut. “Takut digigit ikan, tapi pas lihat yang lain ngga kenapa-napa jadi berani deh,” ujarnya saat ditemui Tribun setelah berenang.
Aditya (9) mengungkapkan jika dirinya tidak takut berenang dengan ikan dewa dan yang lebih ditakutkan adalah kedalaman dari kolam tersebut. “Berani, tapi takut tenggelam kalau di kolam yang dalam,” ujarnya.
Kolam pemandian Cibulan juga menjadi sumber pendapatan bagi penduduk Desa Manis Kidul dengan menjadi pedagang atau membuka warung makan di sekitar tempat itu. Saat ini lebih dari 20 warung permanen di luar kompleks kolam dan lebih dari 15 pedagang yang diizinkan berjualan di dalam kompleks kolam. Mereka kebanyakan menjual minuman ringan dan makanan kecil serta makanan ikan.(tj4)

Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help