Leisure

Cascara, Minuman Kulit Kopi Kaya Khasiat

Widi pertama kali mencicipi cascara di Italia pada 2009. Selama setahun, ia bereksperimen membuat racikan cascara terbaik

Cascara, Minuman Kulit Kopi Kaya Khasiat
Tribun Jabar
Cangkang atau kulit kopi pun bisa dimanfaatkan menjadi minuman yang dikenal dengan nama cascara. Minuman ini dijual di WarkopBDG, Jl Tubagus Ismail No 45 A, Bandung (foto: ISA RIAN FADILAH) 

KOPI terbaik tentu dihasilkan dari biji kopi. Ada pula sejumlah kedai yang membuat kopi dari daunnya yang dipanaskan. Tidak sampai di situ. Cangkang atau kulit kopi pun bisa dimanfaatkan menjadi minuman yang dikenal dengan cascara. Di Bandung cascara bisa didapat di WarkopBDG di jalan Tubagus Ismail No 45 A.

Jika dilihat dari bodi, cascara lebih mirip teh, berwarna cokelat bening. Cascara cenderung berkarakter manis dibanding kopi dan beraroma pekat, menyerupai berry.

Pemilik WakopBDG Widi Permana mengatakan, cascara berkhasiat mengobati masalah lambung dan meningkatkan stamina. Cascara yang disajikan di kedai tersebut merupakan campuran antara kulit kopi dari Pangalengan dan Medan.

Widi pertama kali mencicipi cascara di Italia pada 2009. Selama setahun, ia bereksperimen membuat racikan cascara terbaik. "Dari yang saya dapat, hanya dua jenis (kulit kopi) itu yang bisa saya kombinasikan," ujarnya saat ditemui di kedainya, kemarin.

Dalam 10 kilogram kulit kopi, hanya 3 kilogram saja yang bisa dijadikan minuman cascara. Tujuh kilogram sisalnya tidak bisa diseduh alias dibuang. Cascara semakinsulit didapat ketika musim hujan.

"Cascara itu kopi yang rasanya teh. Tapi disebut kopi ya kopi karena dari kulit kopi. Kalau dibilang teh, bodinya emang mirip teh. Karena bukan dari biji kopi. Kata cascara sendiri berarti kulit," jelasnya.

Kadar air pada kulit kopi lebih tinggi dibandingkan biji kopi.

Di WarkopBDG tersedia dua varian menu cascara yakni original dan honey lemon. Original tidak diberi tambahan apapun. Sedangkan honey lemon dicampur dengan madu dan lemon.

"Hampir semua pecinta kopi di sini punya mag. Setelah diedukasi kopi baik seperti apa, cara minum seperti apa, pola hidup harus bener dulu. Kita punya obatnya cascara. Mereka yang habis ngopi malamnya perutnya perih karena maagnya kambuh. Setelah minum kopi di sini dibarengi cascara malamnya enggak sakit lagi karena ternetralisir," ujarnya.

Cascara original bisa dinikmati dengan harga Rp 20 ribu. Jika ditambah lemon dan madu harganya Rp 22 ribu.

Kedai kopi ini menyediakan 11 varian kopi setiap bulannya. Widi mengganti varian kopi setiap bulannya lantaran ia memanggang kopinya sendiri. (ee)

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved