TribunJabar/

Headline Tribun Jabar

Hulu Cimanuk Hanya Satu Meter

Seluas mata memandang, berbagai macam sayuran ditanam di gunung yang merupakan hulu Sungai Cimanuk itu

Hulu Cimanuk Hanya Satu Meter
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Headline Tribun Jabar edisi Senin 10 Oktober 2016. 

GARUT, TRIBUNJABAR.CO.ID - Hamparan perkebunan sayur terbentang luas di Gunung Mandalagiri yang berada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Hanya sedikit pepohonan yang bisa dilihat.

Seluas mata memandang, berbagai macam sayuran ditanam di gunung yang merupakan hulu Sungai Cimanuk itu. Para petani mengendarai sepeda motor yang telah dimodifikasi untuk mengangkut hasil bumi.

Meski medan sangat terjal, tiga karung cabai merah diangkut salah seorang petani menuruni bukit memakai motor. Perlahan tapi pasti, petani membawanya ke sebuah rumah yang menjadi tempat penampungan.

Gunung Mandalagiri kini tengah menjadi sorotan setelah banjir bandang yang dahsyat menerjang tujuh kecamatan di Garut pada 20 September. Sejumlah kalangan menilai jika alih fungsi lahan di Mandalagiri sudah pada titik berbahaya.

Di hulunya, lebar Sungai Cimanuk tak lebih dari satu meter. Sedimentasi sudah terjadi karena banyaknya kebun sayur di sepanjang aliran air. Sekitar satu kilometer dari mata air, Sungai Cimanuk sudah keruh.

Seusai musibah terjadi, sejumlah instansi pemerintah pun . . . (wij/zam)

Kondisi hulu Cimanuk ini yang belum lama ini menyebabkan terjadinya bencana di Kabupaten Garut, selengkapnya bisa Anda baca di Tribun Jabar edisi cetak hari ini, Senin (10/10/2016). Ikuti pula berita menarik lainnya melalui akun twitter: @tribunjabar dan fan page facebook: tribunjabaronline.

Penulis: wij
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help