Bencana di Garut

Polda Temukan Pelanggaran hingga Korupsi Terkait Bencana Banjir Bandang Garut

Bambang mengatakan pascabencana banjir bandang yang meluluhlantakan sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Polda Jabar menerjun tim untuk . . .

Polda Temukan Pelanggaran hingga Korupsi Terkait Bencana Banjir Bandang Garut
TRIBUN JABAR / DENI DENASWARA
ILUSTRASI: TERGULING -- Sebuah kendaraan mobil kondisinya terguling dengan terlumuri lumpur akibat banjir bandang di Kampung Sukapadang, Kecamatan Tarogong Kabupaten Garut, Rabu (21/9/2016). Ratusan rumah hancur dan fasilitas umum mengalami rusak, dan sedikitnya 20 orang meninggal dunia. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Zezen Zainal M

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kepolisian Daerah (Polda) Jabar mengendus adanya sejumlah pelanggaran hukum hingga aroma korupsi dan suap menyuap di kawasan hulu Cimanuk yang menyebabkan terjadinya banjir bandang yang menewaskan puluhan orang di Kabupaten Garut.

Sejumlah fakta tersebut diungkapkan Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito pada rapat koordinasi Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) Pemprov Jabar dalam rangka penanganam pascabencana Kabupaten Garut dan Sumedang di Gedung Sate, Selasa (4/10/2016) sore.

Bambang mengatakan pascabencana banjir bandang yang meluluhlantakan sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Polda Jabar menerjun tim untuk melakukan penyelidikan mendalam ke lokasi kejadian termasuk memeriksa daerah hulu Sungai Cimanuk. Terlebih, banyak pihak menduga banjir bandang tersebut disebabkan adanya alih fungsi laham dan kerusakan hutan di daerah hulu.

"Di sana kita menemukan fakta cukup banyak. Ada tiga undang-undang yang dilanggar yakni undang-undang lingkungan hidup, kehutanan dan korupsi," ungkap Kapolda ditemui usai rapat FKPD di Gedung Sate, Selasa (4/10) sore.

Dijelaskan Bambang, fakta-fakta pelanggaran yang ditemukan tim Polda Jabar tersebut sudah memenuhi unsur tindak pidana. Oleh karena itu, lanjut dia, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap beberapa saksi terkait kasus banjir bandang Garut tersebut. (zam)

Penulis: M Zezen Zainal Muttaqin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help