Kepolisian

Tentang Tugas Polsus, Begini Kata Kapolrestabes Bandung

SALAH satu tugas preemtif yang dapat dilakukan Polsuspas seperti membuat regulasi tentang.....

Tentang Tugas Polsus, Begini Kata Kapolrestabes Bandung
TRIBUN JABAR / DONY INDRA RAMADAN
APEL BERSAMA -- Polsus di wilayah hukum Polrestabes Bandung saat melakukan apel di halaman Markas Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (15/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dony Indra Ramadan

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto, mengatakan, kepolisian khusus (Polsus) memiliki tugas yang sama seperti tugas yang dimiliki oleh Polri. Terlebih dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Polsus mempunya tugas pokok untuk mengemban sebagian fungsi kepolisian baik secara preemtif, preventif dan represif dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan," ujar Winarto kepada wartawan usai apel Polrestabes Bandung dengan Polsus di wilayah hukum Polrestabes Bandung di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (15/9/2016).

Winarto mencontohkan, salah satu tugas preemtif yang dapat dilakukan Polsuspas seperti membuat regulasi tentang tata tertib di lingkungan Lapas dan memasang sosialisasi disertai ancaman pidananya.

"Untuk upaya preventif misalkan dilakukan oleh Polsuska seperti menindak penumpang kereta api yang tidak membeli karcis sehingga penumpang didenda. Kemudian upaya represif seperti membongkar bangunan liar yang berdiri di ranah negara tanpa izin," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Polrestabes Bandung menggelar apel bersama dengan sejumlah Polisi Khusus (Polsus) wilayah hukum Polrestabes Bandung di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (15/9/2016).

Dalam apel ini, adapun Polsus yang hadir di antaranya Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api), Polsuspas (Polisi Khusus Lapas), Polsus Dishub (Polisi khusus Dinas Perhubungan), Polhut (Polisi hutan), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). (*)

Penulis: dra
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved