TribunJabar/

Kesehatan

Jangan Sepelekan Daun Kelor, Meski Kecil Bisa Membuat Tubuhmu Selangsing Dian Sastro

Tren modern saat ini adalah agar tubuh tetap ramping dan langsing. Banyak perempuan yang menginginkan tubuh selangsing Luna Maya

Jangan Sepelekan Daun Kelor, Meski Kecil Bisa Membuat Tubuhmu Selangsing Dian Sastro
Web
Daun kelor 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pernah mendengar tanaman Kelor atau Merunggai? Anda yang tinggal di daerah perkampungan atau pedesaan umumnya mengetahuinya karena tanaman ini masih banyak ditemukan. Nah, kalian yang hidup di kota bisa jadi tidak mengetahuinya karena tanaman ini sudah sangat jarang ditemukan.

Tanaman Kelor ini memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan sama seperti halnya tanaman apotek hidup. Dikutip dari ensiklopedia bebas Wikipedia, Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae.

Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7-11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

Daun kelor ini ternyata juga bisa dibuat teh dengan khasiat untuk kesehatan yang baik. Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, dengan demikian akan bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan ini akan mendetoksifikasi tubuh manusia dan bahkan mendukung dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kesehatan kulit juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur.

Dikutip dari laman manfaat.co.id, beberapa manfaat daun kelor yang dikonsumsi sebagai teh diantaranya bisa untuk melangsingkan badan.

Tren modern saat ini adalah agar tubuh tetap ramping dan langsing. Banyak perempuan yang menginginkan tubuh selangsing Luna Maya, Bunga Citra Lestari, atau si cantik Dian Sastro Wardoyo. Oleh karena itu, untuk menjadi langsing, seseorang dapat mencoba cara yang lebih sehat. Studi mencerminkan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Efeknya merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.

Manfaat lainnya, menyediakan energi. Secangkir teh daun kelor setiap pagi bisa menguatkan bagian tubuh untuk tetap pro aktif sepanjang sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan berenergi dari sebelumnya.

Menyehatkan Rambut. Pertumbuhan rambut menjadi hidup, mengkilap, mengkilap dengan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi hadir dalam teh ini meningkatkan pertumbuhan rambut.

Teh daun kelor ini dapat disiapkan dengan mudah di rumah. Hanya perlu memetik daunnya sudah tua dari cabang-cabangnya. Daun hijau harus dikumpulkan bukan yang kuning, kemudian pilihlah daun segar terbaik dari kotorannya. Pengeringan di udara adalah langkah berikutnya, namun pengeringan dengan sinar matahari tidak dianjurkan karena mengurangi kekuatan nutrisi di dalamnya. Daun teh kelor yang kering kemudian ditumbuk dan dapat disimpan. (dia)

Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help