Kuliner Bandung

Menikmati Soto Legendaris Asal Garut

Di akhir pekan atau hari libur, tidak kurang dari 200 porsi ludes terjual.

Menikmati Soto Legendaris Asal Garut
Isa Rian Fadilah
Soto Ahri, kuliner asal Garut di Bandung. 

Laporan Isa Rian Fadilah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID --- GARUT memiliki makanan legendaris yakni Soto Ahri. Soto ini pertama kali dikenal masyarakat pada 1943. Ahri, kakek dari pemilik saat ini, Deden Agustian, menciptakan soto orisinal, bukan khas Garut maupun Bandung.

"Ini soto kuliner asal Garut tapi bukan khas Garut. Jadi, ini soto khas Ahri," ujar Deden ketika ditemui di kedainya di Jalan Buahbatu No. 235, Rabu (4/5/2016).

Soto ini berpusat di Garut. Setelah berkembang, barulah berdiri cabang di Bandung, tepatnya di Jalan Buahbatu. Kedai ini telah beroperasi sejak 11 tahun lalu.

"Kami buka di Bandung untuk mendekatkan dengan konsumen aja. Karena banyak pelanggan dari Bandung," katanya.

Komposisi soto ini relatif sama dengan soto lain. Namun, orang bisa mengatakan bahwa soto ini Soto Ahri dari bumbu yang terkandung dalam kuahnya.


Isa Rian Fadilah

Untuk benar-benar menjaga keaslian rasa soto, berbagai macam bahan baku seperti bumbu, sambal kering, kecap, dan kerupuk dipasok langsung dari Garut.

"Bumbunya diproses di Garut. Di sini sudah siap. Jadi rasanya sama. Kalau pun beda, paling dari air," ungkapnya. Air yang digunakan untuk membuat kuah soto sangat berpengaruh terhadap kualitas rasa soto.

Deden mengatakan, selain air, perapian pun berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan. Kedai Soto Ahri menggunakan kayu bakar, sehingga menghasilkan aroma yang lebih wangi. Setelah matang, kuah soto dipanaskan menggunakan arang.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help