Kuliner Bandung

Cita Rasa Perayaan Dalam Nasi Liwet Koneng The Kiosk

Tekstur nasi liwet kuning ini terasa lembut di mulut berkat penambahan santan kelapa dan rasa kunyit yang tidak terlalu kentara

Cita Rasa Perayaan Dalam Nasi Liwet Koneng The Kiosk
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Nasi liwet koneng The Kiosk. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Sejak dulu, nasi liwet menjadi salah satu hidangan istimewa kegemaran masyarakat Sunda. Nasi liwet biasanya disajikan saat berkumpul bersama keluarga atau teman, untuk menjamu tamu, bahkan ketika menggelar perayaan atau syukuran.

Tidak mau ketinggalan untuk menyuguhkan makanan perayaan khas Sunda ini, The Kiosk di Braga Citywalk, Kota Bandung, menyediakan menu Nasi Liwet Koneng ( kuning ). Nasi liwet ini ditanak langsung dalam citel mungil, yakni panci dengan ketebalan seperti wajan atau katel, cukup untuk penyajian satu porsi.

The Kiosk menambahkan bahan kunyit pada nasi liwet ini sehingga nasi berwarna kuning, Di atasnya diberi taburan daging tongkol cincang dengan bumbu minimalis. Nasi liwet ini disajikan bersama ayam kemangi, sambal goreng kentang, sambal pedas, lalapan, dan kerupuk.

Tekstur nasi liwet kuning ini terasa lembut di mulut berkat penambahan santan kelapa dan rasa kunyit yang tidak terlalu kentara. Karakter rasa nasi liwet koneng ini pun diperkuat oleh taburan daging tongkol cincang dengan bumbu minimalis. Biasanya, liwet tidak diberikan tambahan kunyit, hanya bawang, cabai, dan rempah.

Para pecinta kerak liwet tampaknya dapat menemukan kebahagiaannya di dasar timbunan nasi liwet nan lembut ini. Kerak liwet yang tidak gosong, tidak pahit, dan tidak keras, melainkan kerak yang renyah, akan memanjakan mulut para pecinta kerak liwet saat dikunyah.

Lauk utamanya, yakni ayam kemangi, secara sepintas terasa seperti pepes ayam. Namun, ayam kemangi yang disajikan ini memiliki lumuran campuran kemangi dan bumbu dalam jumlah banyak, seperti saus. Tekstur ayam dan bumbunya yang lembut diwarnai sedikit rasa asam dari tomat, membuat rasa ayam jadi lebih segar.

Sambal goreng kentang menjadi lauk lainnya yang berkesan sangat spesial. Rasanya yang khas akan seketika mengingatkan penikmatnya pada hidangan tradisional saat Lebaran, syukuran, atau perayaan lainnya. Tambahan sambal dan lalapan menjadi pelengkap.

Jika semua bagian hidangan dimakan dalam satu suapan, dalam saat bersamaan, karakter nasi liwet bertabur tongkol berpadu dengan kelembutan ayam beraroma kemangi yang khas. Dalam setiap kunyahannya dirasakan nuansa perayaan dari sambal goreng kentang, dibalut kerenyahan kerupuk dan lalapan. Semuanya menyatu seperti festival rasa yang memanjakan mulut penikmatnya.

Untuk mendapatkan hidangan ini, pengunjung cukup membayar Rp 26.500 di The Kiosk Braga Citywalk. Nasi Liwet Koneng ini nikmat disajikan bersama minuman teh tawar atau minuman hangat lainnya. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved