Berita Duka

Arsitektur 1.000 Masjid Ir Ahmad Noe'man Tutup Usia

Selama hidupnya, kata Fauzan, berpesan kepada anak-anaknya untuk menjadi kaum muslimin yang utuh.

Arsitektur 1.000 Masjid Ir Ahmad Noe'man Tutup Usia
TRIBUN JABAR/TEUKU MUH GUCI S
Rumah duka Ahmad Noe man, pria yang dikenal sebagai aristektur 1000 masjid di Jalan Karanglayung No 10, Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Senin (4/4/2016) malam. Ahmad meninggal di usia 90 tahun di Rumah Sakit Borromeus, Jalan Ir Juanda, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (4/4/2016) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Ir Ahmad Noe'man, pria yang dikenal sebagai aristektur 1000 masjid tutup usia di Rumah Sakit Borromeus, Jalan Ir Juanda, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (4/4/2016). Keluarga mengatakan Ahmad yang berusia 90 tahun itu meninggal karena usianya meski sempat dirawat di rumah sakit selama 10 hari ke belakang.

"Kalau sakit memang ada tapi hanya sakit dada. Sakitnya tidak dirasa kalau buat dokter dan sebetulnya Almarhum sudah proses penyembuhan dan akan segera pulang," ujar Fauzan Noe'man, anak ketiga Almarhum ketika ditemui di rumah duka, Jalan Karanglayung No 10, Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Senin (4/4/2016) malam.

Berdasarkan pantauan Tribun di rumah duka, sejumlah karangan bunga berdatangan. Tamu yang akan menyalatkan jenazah Almarhum pun terus berdatangan hingga pukul 20.00 WIB. Adapun Almarhun rencananya dikebumikan di tempat pemakaman keluarga di daerah Cikutra.

Selama hidupnya, kata Fauzan, berpesan kepada anak-anaknya untuk menjadi kaum muslimin yang utuh.

"Kalau impian yang belum diselesaikan banyak. Tidak bisa disebutkan satu per satu, tapi salah satu karya yang ingin dibuat, yaitu membuat buku tentang karya kaligrafi Almarhum. Karena karya kaligrafi Almarhum juga menjadi elemen estetis masjid hasil karyanya," ujar Fauzan.

Fauzan menceritakan, Almarhum dikenal sebagai arsitek kontemporer melalui karyanya. Karyanya yang cukup fenomenal dan sempat menjadi sorotan kalangan santri pada 1960, yakni Masjid Salman ITB. Masjid itu merupakan masjid tanpa kubah pertama kali di Indonesia. Karyanya itu mendobrak pakem bangunan masjid yang selalu menggunakan kubah.

"Masjid Salman itu juga merupakan karya terbaik Almarhum. Dan itu ciri khas Almarhum waktu itu dari semua karyanya. Kalau sekarang mulai banyak arsitek yang meniru kekhasan Almarhum," kata Fauzan.

Selain Masjid Salman ITB, Fauzan mengatakan, desain Masjid At Tin di TMII Jakarta juga merupakan hasil karyanya. Dari ribuan karyanya, ia juga menghasilkan karya untuk warga negara Bosnia, yakni Masjid Istiqlal di Kota Sarajevo. Masjid sumbangan warga negara Indonesia itu diresmikan pada 2002.

"Dasar karya Almarhum itu Surat Al Baqoroh 170. Surat itu menyindir manusia karena dibilangnya Allah menurunkan baru yang baru kecenderungan manusia itu menolak. Padahal nenek moyang itu belum tentu punya hidayah atau ilmunya," ujar Fauzan. (cis)

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved