TribunJabar/

Leisure

Sarapan Enaknya Menyantap Roti Bakar di Kawasan Gempol

Roti putih juga terbagi menjadi tiga varian, antara lain roti biasa, roti tawar spesial, dan roti tawar super

Sarapan Enaknya Menyantap Roti Bakar di Kawasan Gempol - roti-bakar-gempol_20160328_100254.jpg
Tribun Jabar
Salah seorang pegawai Roti Gempol sedang membakar roti pesanan pelanggan (foto: Isa Rian Fadilah)
Sarapan Enaknya Menyantap Roti Bakar di Kawasan Gempol - roti-bakar-manis-gempol_20160328_100327.jpg
Tribun Jabar
Roti Bakar Manis porsi ririungan di Roti Gempol

DI Bandung ada satu produsen roti yang telah malang melintang di dunia makanan kaya karbohidrat, yaitu Roti Gempol. Usaha ini telah berlangsung sejak 1958. Saat itu, kedai ini hanya menjual roti tawar dan manis, belum ada roti bakar.

Penggunaan nama Roti Gempol baru diresmikan pada 1992. Kini, selain memproduksi berbagai macam roti seperti roti tawar, manis, dan gandum, Roti Gempol juga menawarkan sajian olahan roti bakar.

"Yang membedakan roti bakar di sini dengan roti bakar lain sebenarnya resep rotinya sendiri yang kami produksi di sini. Rotinya tanpa pengawet," ujar Jaya Atma Putra, pengelola Roti Gempol, saat ditemui di kedainya, Jalan Gempol Wetan No.14 Bandung,

Setiap harinya Roti Gempol memproduksi roti sebanyak 300 potong. "Dari 300 pieces itu, untuk menu roti perorangan, sehari bisa habis seribu porsi. Itu kalau hari libur. Sedangkan di hari kerja, kedai ini mampu menghabiskan sekitar 100 porsi," kata Putra. .

Kedai ini selalu ramai dikunjungi pembeli di pagi hari ketika waktu sarapan atau jelang makan siang. Apalagi pada akhir pekan atau hari libur, bersiaplah sabar mengantre pesanan atau mencari tempat duduk, karena kedainya yang kecil, serta kursi terbatas.

Roti Gempol beroperasi setiap hari pukul 07.00 hingga 21.00. Di hari libur, tidak hanya warga sekitar yang mampir untuk sekadar menikmati sajian roti di sini. Pendatang dari luar kota seperti Jakarta dan Pekanbaru pun mengunjungi kedai ini.

Roti tawar di sini ada dua jenis, yaitu roti putih dan gandum. Roti putih juga terbagi menjadi tiga varian, antara lain roti biasa, roti tawar spesial, dan roti tawar super. Adonan roti tawar biasa dibuat dengan campuran air mineral saja. Sedangkan adonan roti tawar spesial dibuat dari susu murni, dan roti tawar super dibuat dari susu UHT. "Dari segi tekstur roti, paling halus roti tawar super," kata Putera.

Ada dua pilihan menu roti bakar secara umum, yakni roti bakar manis dan asin. Roti bakar asin bisa dilengkapi keju, telur, daging sapi, dan mayonaise. Sedangkan roti bakar manis dapat dikombinasikan dengan cokelat, susu, selai kacang, stroberi, dan nanas.

Roti bakar asin komplet porsi kecil dibanderol Rp 18.000. Sedangkan porsi besar dipatok seharga Rp 48.000. Porsi besar biasanya dinikmati oleh sekitar empat sampai enam orang. Roti manis porsi kecil bisa dinikmati hanya dengan Rp 9.000. Sedangkan porsi besarnya Rp 30.000.

Roti tawar buatan Roti Gempol hanya mampu bertahan maksimal tiga hari dengan kondisi suhu ruangan 25 derajat selsius. (ee)

Penulis: ary
Editor: ary
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help