TribunJabar/

Pariwisata Kota Bandung

Ruby Tawarkan Ketenangan Tinggal di Hotel dengan Konsep Syariah

Aturan yang diterapkan Ruby Syariah Hotel antara lain hanya menerima tamu berpasangan (lelaki dan perempuan) yang sudah menikah

Ruby Tawarkan Ketenangan Tinggal di Hotel dengan Konsep Syariah
TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
Ruby Syariah Hotel 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

KUNJUNGAN wisatawan ke kota Bandung terutama saat weekend menjadi target hotel-hotel yang ada di Bandung. Beragam konsep dan layanan ditawarkan untuk menarik konsumen. Ruby Syariah Hotel, menjadi salah satu hotel yang menawarkan konsep berbeda dari hotel umumnya. Di Bandung sendiri memang belum banyak hotel yang mengusung konseo syariah. Kehadiran hotel yang baru dibuka bulan Desember 2015 ini bsia menjadi salah satu referensi hotel, bila Anda ingin berkunjung ke Bandung.

Terletak di Jalan Dr Rubini No 4 Pasir Kaliki Bandung, hotel ini memiliki 47 kamar yang terdiri dari tipe Suite 4 kamar, Royal 4 kamara (double bed), Deluxe 28 kamar (twin dan double) serta tipe Standar 3 kamar. Fasilitas lainny, terdapat ruang meeting yang bisa menampung kurang lebih 50 orang dan restoran yang juga bisa dirubah menjadi ruang pertemuan atau acara dengan daya tampung 175 orang. Hotel yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Husein Sastranegara ini juga memiliki lounge yang hanya menawarkan kopi asli yang digiling langsung.

"Kami menawarkan konsep syariah karena memang target utama hotel ini adalah pebisnis dan family. Meski syariah, namun pengunjung non muslim bisa menginap dengan mengikuti aturan yang sama," kata Iwa Sustiwa Hotel Manager.

Aturan yang diterapkan Ruby Syariah Hotel antara lain hanya menerima tamu berpasangan (lelaki dan perempuan) yang sudah menikah. Bila ada tamu yang menginap sendiri, dan dikunjungi oleh rekannya maka tamu tersebut hanya diperkenankan menerima rekannya di lobi atau di resto dan tidak boleh di dalam kamar.

"Aturan ini sesuai syariat Islam. Meski begitu, hotel ini justru banyak dikunjungi oleh turis dari luar yang non muslim seperti dari Singapura, Taiwan, dan China. Mereka suka karena merasa lebih nyaman karena tamu yang ada di hotel tidak sembarangan, dalam tanda kutip yah," katanya.

Sesuai konsep yang diusung, hotel ini di setiap kamar dilengkapi peralatan ibadah seperti sarung, mukena, dan sajadah serta Al-Quran. Setiap kamar juga dilengkapi penanda tiba waktunya salat. Bila tamu dari kalangan non muslim, peralatan ibadah akan disimpan dan penanda salat juga akan dimatikan. Karena mengusung konsep syariah, Ruby Syariah Hotel memiliki mushala cukup besar dan tempat wudhu yang berbeda dari hotel kebanyakan. Posisi Mushala juga berada dibagian depan hotel atau berdampingan dengan lobi.

"Kami juga menyediakan free shutle dari Bandara Husein dan Stasiun kereta api," katanya.

Untuk menu makanan dan minuman, semua non alkohol. Menu juga dari tradisional seperti colenak hingga western seperti beragam steak. Soal harga, hotel memberikan tiga pilihan harga yakni publish rate, weekday, dan weekend mulai harga Rp 1.200.000 hingga Rp 200.000. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help