Kota Bandung Tertinggi Penderita HIV/AIDS di Jabar Sebanyak 3.625 Orang

Menurut Susatyo, aktivitas seks bebas menjadi sebab utama tingginya penularan virus HIV di Kota Bandung.

Kota Bandung Tertinggi Penderita HIV/AIDS di Jabar Sebanyak 3.625 Orang
DOKUMENTASI TRIBUN BALI
illustrasi 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Susatyo Triwilopo mengatakan, penderita HIV/AIDS di Kota Bandung terus meningkat sampai September 2015 ada 3.625 penderita HIV/AIDS.

"Pnderita HIV 1.895 orang dan AIDS 1.730 orang, setiap tahunnya jumlah penderita HIV/AIDS terus meningkat sekitar 3 persen didominasi usia produktif," ujar Susatyo di Balai Kota, Selasa (01/12/2015).

Menurut Susatyo penderita HIV/AIDS, laki-laki 165 orang sedangkan perempuan 85 orang. Bayi untuk tahun ini ada 8 orang tertular dari orang tuanya. Kami mewajibkan seluruh ibu hamil untuk ditawarkan screening HIV/Aidsa.

Susatyo mengatakan, Bandung menjadi kota tertinggi penderita HIV/AIDS di Jawa Barat. Sedangkan Jawa Barat peringkat empat terbanyak penderita HIV/AIDS di Indonesia.

Menurut Susatyo, aktivitas seks bebas menjadi sebab utama tingginya penularan virus HIV di Kota Bandung.

"Penyebab penularan, pengguna jarum suntik, mulai menurun 2-3 persen. Sedangkan penularan seks bebas meningkat, bahkan saat ini bisa disebut darurat pornografi. Karena orang cenderung sering erganti-ganti pasangan," ujarnya. .

Upaya Pemkot menekan penyebaran HIV/AIDS dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya HIV/AIDS melibatkan komunitas serta para penderita HIV/AIDS (Odha).(tsm)

Penulis: Tiah SM
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved