Kuliner Bandung

Panas Terik Begini, Enaknya Goyang Lidah dalam Segelas Affogato Cake

Selain whipped cream, krim susu kental berada tepat di bawahnya. Mengisi bagian tengah gelas, krim susu vanilla dipenuhi oleh buliran blackberry dan s

Panas Terik Begini, Enaknya Goyang Lidah dalam Segelas Affogato Cake
ARDHI NUGRAHA WAHID

TRIBUNJABAR.CO.ID - SAJIAN keil selalu menjadi penantian para penggemar makanan manis. Sajian kue lembut dengan berbagai topping buah, krim atau cokelat menghiasi adonan kue. Kue biasanya tersembunyi di bawah topping tersebut, menyembunyikan keempukkan kue yang terlapisi oleh olesan manis atau asam pada permukaan kue.

Permukaan kue pun terhias begitu indah dengan banyak warna dan bentuk, menarik mata pelahapnya. Saking menariknya, kadang para penyukanya tidak tega untuk melahapnya. Salah satu jenis kue menarik yang memperlihatkan presentasi yang menarik dan rasa yang menggugah selera adalah Affogato Cake.

Affogato Cake adalah keik yang lebih mengutamakan krim sebagai pelapis keik. Dibandingkan keik lainnya, krim tersaji dengan lebih banyak dan tebal. Sensasi manis sangat terasa, terlumer dari permukaan krim yang cukup tebal.

Varian dari keik Affogato tersedia di buffet Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto 289 Bandung. Di restoran yang berada di lantai tiga ini, affogato cake tidak berbentuk keik pada umumnya, melainkan pada gelas tinggi nan lonjong. Warnanya pun sangat memanjakan mata, dengan kombinasi cokelat, merah stroberi, putih krim, kuning mangga, dan hitam blackberry.

Topping paling mencolok tentunya adalah pita cokelat melingkar yang terdapat pada bagian atas Affogato Cake. Cokelat tipis namun padat ini menemani whipped cream pada bagian atas kue. Di atas permukaan adonan, blackberry ditempatkan pada whipped cream ala garnish. Blackberry bulat seukuran kelereng pun menyebar sempurna dalam gelas.

Selain whipped cream, krim susu kental berada tepat di bawahnya. Mengisi bagian tengah gelas, krim susu vanilla dipenuhi oleh buliran blackberry dan strawberry yang dipotong setengah. Warna kuninglah yang menjadi lapisan berikutnya. Kuning cerah yang berasal dari mangga, mengelilingi keik yang berada pada dasar gelas. Keik tertutup sepenuhnya, sehingga menjadi kejutan dan rasa terakhir dari Affogato cake. Keik dapat tertutup sepenuhnya oleh mangga karena buah ini tersaji dengan agak hancur, sehingga lebih mirip jus kental daripada daging buah mangga. Presentasi ini pun sesuai dengan keunikan Affogato yang banyak dilapisi oleh krim.

Menyicipi Affogato Cake sangat menggoyang lidah kita karena ada cokelat dengan rasa pahit manisnya yang khas, berpadu dengan rasa manis pada saat pertama kali menyendok gelas Affogato. Butiran blackberry pun menambah rasa asam yang alamiah dari lapisan atas gelas. Bagian tengah yang terisi blackberry, stroberi, membuat lidah cukup menyesap dibuatnya.

Asam susu yang menyelimuti kedua buah ini menyeimbangkan rasa asam buah yang kuat. Kue yang lembut pada bagian bawah dengan mangga yang melapisinya pun menjadi sensasi rasa terakhir, yang masih tetap seimbang dengan manisnya kue dan asamnya mangga.

Bagi penyuka dessert manis yang penasaran dengan kue berporsi kecil ini, dapat mengunjungi buffet The Restaurant Trans Luxury Hotel pada hari Kamis hingga Sabtu. Dengan merogoh kocek Rp 299.000 per pengunjung, kekayaan rasa manis asam affogato cake dapat menutupi kekayaan rasa menu masakan buffet yang dimulai pada pukul 18.00 hingga 22.00 ini. (cr3)

Tags
Kuliner
Penulis: cr3
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help