Waduk Jatigede

Pembangunan Waduk Jatigede Habiskan Dana Rp 6,5 Triliun

Dalam proses panjang pembangunannya banyak tanyangan yang dihadapi baik teknis maupun non teknis. Diantranya kondisi alam, kondisi geologi

Pembangunan Waduk Jatigede Habiskan Dana Rp 6,5 Triliun
TRIBUN JABAR/RAGIL WISNU SAPUTRA
Waduk Jatigede, di Sumedang, hari Senin (31/8/2015) mulai digenani. 

JATIGEDE, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pembangunan Waduk Jatigede inisiatif dimuali pada tahun 1963, akan tetapi kerna banyak kendala, pembangunan fisik dilanjutkan pada tahun 2007 hingga tahun 2015. Pembangunan Waduk Jatigede tersebut mengahabiskan anggaran hingga mencapai 467 juta US dolar atau setara dengan Rp 6.538.000.000.000 dengan kurs rupiah Rp 14.000.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Subgai Cimanuk, Tri Sasangko.

Menurut Tri, dalam proses panjang pembangunannya banyak tanyangan yang dihadapi baik teknis maupun non teknis. Diantranya kondisi alam, kondisi geologi dan masalah sosial kemasyarakatan.

"Tapi masalah sosial bisa diselesaikan semuanya dengan adanya Perpres No 1 Tahun 2015," kata dia kepada Tribun, seusai acara pengisian awal Waduk Jatigede, di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Senin (31/8).

Menurut Tri, dengan pengisian awal Waduk Jatigede merupakan langkah awal mengoptimalkan sumber daya air dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. (cr5)

Penulis: Yudha Maulana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved