Penderita Kanker Capai 23,6 Juta di Tahun 2030

Pengeluaran negara untuk kanker pada tahun 2012 mencapai 144,7 miliar

Penderita Kanker Capai 23,6 Juta di Tahun 2030
TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
Peringatan World Cancer Day 2015 di RSUP dr Hasan Sadikin Bandung, Rabu (4/2). 

‎BANDUNG, TRIBUN - Jumlah penderita kanker dapat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data dari GLOBOCAN 2012, diperkirakan terdapat 14,1 juta kasus kanker baru yang muncul. Pada tahun yang sama, terdapat 8,2 juta kematian karena kanker. Angka penderita ini diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya dan diperkirakan mencapai 23,6 juta baru per tahun pada 2030.

Demikian diungkapkan Direktur Medik & Keperawanan RSHS, dr Rudi Kurniadi Kadarsah SpAn MM M Kes pada acara pembukaan World Cancer Day di RSUP dr Hasan Sadikin, Rabu (4/2).

‎Menurutnya, ditinjau dari sisi ekonomi, data dari Kementrian Kesehatan RI menunjukan bahwa pengeluaran negara untuk penyakit kanker adalah kedua tertinggi setelah pengeluaran untuk hemodialisa. "Pengeluaran negara untuk kanker pada tahun 2012 mencapai 144,7 miliar," kata Rudi.

Besarnya angka kasus kejadian kanker ini perlu diwaspadai semua pihak. Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). "Momen hari kanker sedunia ini dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan prilaku PHBS," katanya. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved