TribunJabar/

Calon Kapolri Budi Gunawan Tersangka

VIDEO -- KPK Duga Calon Kapolri Budi Gunawan Terima Gratifikasi

KPK menetapkan Budi sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi atas transaksi mencurigakan.

JAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID — "Kita ingin sampaikan progress report kasus transaksi mencurigakan atau tidak wajar dari pejabat negara. Bahwa perkara tersebut naik ke tahap penyidikan dengan tersangka Komjen BG dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji," ujar Ketua KPK Abraham Samad di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Demikian kutipan courtesy dari KompasTV pada saat KPK menggelar jumpa pers dan menetapkan calon tunggal Kapolri, Komjen Budi Gunawan menjadi tersangka.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto mengatakan, penyelidikan perkara yang menjerat Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka bermula dari laporan masyarakat. KPK menetapkan Budi sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi atas transaksi mencurigakan.

"KPK mendapatkan informasi itu dari masyarakat dari Juni dan Agustus 2010," ujar Bambang di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Bambang mengatakan, ekspos terhadap laporan tersebut dilakukan pada Juli 2013. Berbekal resume ekspos perkara dan laporan harta kekayaan penyelenggara negara Budi, akhirnya dibuka penyelidikan terhadap kasus tersebut pada Juli 2014.

"Hasil lidik itu jadi dasar dilakukan ekspos selanjutnya. Kami juga punya dokumen LHKPN jadi salah satu dasar yang diperkaya penyelidikan oleh KPK," kata Bambang.

Budi Gunawan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 atau 12 B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana. Baca juga di sini. (KOMPAS.COM)

Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help