Podium

Fenomena Open House

OPEN house dilakukan oleh pemimpin di negeri ini, mulai dari presiden, menteri, gubernur hingga ke wali kota dan bupati di daerah.

Fenomena Open House
istimewa
Didit B Ernanto, pemerhati sosial & praktisi media massa

OPEN house merupakan  fenomena sosial yang rutin terjadi saat Idulfitri. Open house dilakukan oleh pemimpin di negeri ini, mulai dari presiden, menteri, gubernur hingga ke wali kota dan bupati di daerah.

Dalam open house ini para pemimpin dan rakyat saling berucap selamat Hari Raya Idulfitri. Tak lupa pula tradisi saling berucap maaf terlontar ketika pemimpin dan rakyat saling berjabat tangan. Sebuah silaturahim yang terjalin seolah tanpa sekat formal antara pemimpin dengan rakyat.

Dari sudut pandang rakyat, open house dimaknai sebagai sebuah momentum langka dengan pemimpin yang dipilihnya. Tidak mudah memang bertemu, berjabat tangan serta sekadar berbalas senyum  dengan pemimpinnya pada hari-hari biasa.

Terlebih lagi rakyat bisa menginjakkan kakinya di Istana Negara, rumah dinas maupun rumah pribadi milik pemimpinnya. Sembari, mencicipi makanan dan minuman yang disediakan dan pulang dengan buah tangan pemberian pemimpinnya.

Oleh karenanya fenomena open house ini selalu diminati. Rakyat rela mengantre, berdesak- desakan demi dapat mengikuti open house ini.

Musibah yang menimbulkan korban jiwa tidak jarang terjadi. Seperti saat Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla menggelar open house di Makassar 29 Juli 2014 lalu. Sebelumnya di tahun 2010 silam, musibah yang menewaskan seorang pengunjung juga terjadi pada open house yang diadakan Presiden SBY di Istana Negara.

Musibah tetaplah musibah yang tak menyurutkan minat rakyat mengikuti open house. Sebab, hanya di open house inilah rakyat bisa bertemu serta merasakan bagaimana dijamu oleh pemimpinnya.

Semua orang tak lagi asing dengan kata open house yang bisa diartikan sebagai situasi dimana tuan rumah membuka rumahnya selebar-lebarnya bagi siapa pun yang datang berkunjung.

Seluruh tamu yang datang diterima dan dijamu dengan ramah tamah oleh si tuan rumah.

Open house memang tidak dilakukan setiap hari. Pemimpin di negeri ini paling sering mengadakan open house ketika Hari Raya Idulfitri. Tetapi, open house sebenarnya bukan fenomena baru.

Halaman
123
Tags
podium
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved