Podium

Investasi Menguntungkan Selama Ramadan

BANYAK investasi yang disimpan untuk masa depan, mulai dari tabungan, asuransi sampai simpanan dalam bidang properti.

Investasi Menguntungkan Selama Ramadan
TRIBUN MEDAN
illustrasi 

SEBAGAI manusia tidak ada kata henti untuk mencapai kata puas, mulai dari karier sampai masa depan. Banyak investasi yang disimpan untuk masa depan, mulai dari tabungan, asuransi sampai simpanan dalam bidang properti.

Padahal ada satu investasi yang tidak akan pernah rugi malah akan menyimpan berbagai keuntungan untuk masa depan tidak hanya di dunia tetapi juga diakhirat, yaitu investasi di bulan Ramadan, karena bulan ini sangat istimewa bagi umat Islam karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya.

Ibarat petani, bulan Ramadan adalah saat panen raya. Dibaratkan panen raya disebabkan bulan ini merupakan waktu dimana berbagai amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya jauh melebihi waktu-waktu diluar Ramadan. Investasi pada bulan Ramadan yaitu dalam bersedekah. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan (HR. Bukhori-Muslim).

Salah satu keutamaan bersedekah di bulan Ramadan adalah bahwa di bulan mulia ini, setiap orang lebih dimudahkan untuk berbuat amalan kebaikan, termasuk sedekah. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya manusia mudah terpedaya godaan setan yang senantiasa mengajak manusia meninggalkan kebaikan, setan berkata:

"Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus." (Qs. Al A'raf: 16).

Sehingga manusia enggan dan berat untuk beramal. Namun di bulan Ramadan ini Allah mudahkan hamba-Nya untuk berbuat kebaikan, sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam:

"Jika datang bulan Ramadan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu." (HR. Bukhari no.3277, Muslim no. 1079).

Adapun mengenai keutamaan bersedekah pada bulan Ramadan, terdapat dalam Hadits yang berbunyi:

"Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan."

Kemudian Rasulullah menjelaskan: "Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna. Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya." (HR. Muslim no.1955)

Oleh karena itu, orang yang bersedekah di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat karena sedekah adalah amal kebaikan, kemudian berdasarkan Al A'raf ayat 16 khusus amalan sedekah dilipatkan-gandakan lagi sesuai kehendak Allah. Kemudian ditambah lagi mendapatkan berbagai keutamaan sedekah.

Lalu jika ia mengiringi amalan sedekahnya dengan puasa dengan salat malam, maka diberi baginya jaminan surga. Kemudian jika ia tidak terlupa untuk bersedekah memberi hidangan berbuka puasa bagi bagi orang yang berpuasa, maka pahala yang sudah dilipatgandakan tadi ditambah lagi dengan pahala orang yang diberi sedekah. Jika orang yang diberi hidangan berbuka puasa lebih dari satu maka pahala yang didapat lebih berlipat lagi.

Melihat keutamaan sedekah bulan Ramadan, mari kita tingkatkan semangat untuk berinvestasi, baik investasi kepada Allah SWT sebagai hambanya melalui peningkatan ibadah yang penuh keikhlasan serta kebahagian, juga investasi kepada setiap manusia dengan menolong sesama melalui berinfak dan bershodaqoh. Dan semua itu ada investasi yang membawa keuntungan tidak hanya didunia tetapi juga diakhirat. Amin. ***

Penulis : Ipana
Guru SDN Cempaka Arum
Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Naskah ini bisa dibaca di Harian Tribun Jabar, Selasa (1/7/2014).

Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved