Sabtu, 22 November 2014
Tribun Jabar

Helaran Seni dan Budaya Cianjur Digelar Akhir Oktober

Senin, 30 September 2013 19:40 WIB

CIANJUR, TRIBUN - Pesta rakyat yang digelar setahun sekali dalam memperingati hari jadi Cianjur ke-336 akhirnya akan digelar. Pesta rakyat yang akan dimeriahkan pawai helaran seni dan budaya itu akan dilaksanakan Rabu, 30 Oktober 2013.

Sekretaris panitia hari jadi Kabupaten Cianjur, Jejen Jaenudin, mengatakan, pelaksanaan helaran tersebut atas kesepakatan bersama panitia setelah melihat situasi dan kondisi masyarakat Kabupaten Cianjur. Mengingat helaran setahun sekali itu sempat ditunda lantaran Pasar Induk Cianjur (PIC) ludes terbakar.

"Awalnya helaran budaya tahunan pada bulan Agustus tapi mundur beberapa kali sampai akhirnya ditentukan 30 Agustus 2013. Tapi karena musibah terbakarnya PIC kami menunda tanpa ada batas waktu. Dan saat ini kami melihat situasi saat ini sudah kondusif," kata Jejen kepada wartawan ketika ditemui di Kantor Bupati Cianjur, Senin (30/9).

Dikatakan Jejen, rencananya helaran dimulai pukul 07.00. Awalnya helaran dimulai di Jalan KH Abdullah bin Nuh kemudian dilanjutkan ke Jalan Ir Juanda sampai ke Jalan Suroso. Adapun pawai diakhiri dengan memasuki panggung kehormatan yang ada di belakang Kantor Bupati Cianjur.

"Sementara itu untuk gambaran helaran yang akan dilaksanakan. Dan persiapan sudah kami informasikan dan kordinasikan dengan berbagai pihak termasuk komunitas seni, budaya, etnik, sanggar, dan padepokan," kata Jejen.

Jejen mengatakan, sedikitnya 110 grup kesenian asal Kabupaten Cianjur akan meramaikan helaran seni dan budaya tersebut. Kesenian yang ditampilkan berkaitan dengan tiga pilar budaya Kabupaten Cianjur, yakni maos, mamaos, dan maenpo. 

"Insya Allah ada puluhan atraksi kesenian yang akan ditampilkan sesuai dengan moto juang Kabupaten Cianjur. Dan helaran ini masih dalam satu rangkaian hari jadi Kabupaten Cianjur," kata Jejen. (*)

Penulis: cis
Editor: dar
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas