• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribun Jabar

Syarief Hasan: Praktek Rentenir Sudah Berkurang

Minggu, 28 Juli 2013 18:45 WIB

CIANJUR, TRIBUN - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Syarief Hasan, pertumbuhan koperasi di Indonesia cukup pesat. Hal itu diiringi dengan adanya undang-undang baru yang akan mengikis praktek renternir di Indonesia.

"Kita sudah punya UU yang baru terkait dengan pengawasan terhadap praktek rentenir. Insya Allah di akhir tahun ini pengawasa terhadap praktek tersebut semakin ketat," kata Syarief di Kantor Bupati Cianjur, Jalan Siti Jenab, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Minggu (28/7).

Syarief pun yakin, praktek rentenir sudah mulai berkurang di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut disebabkan adanya kredit usaha rakyat (KUR). Di samping itu Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia terus menyalurkan bantuan berupa dana bergulir untuk koperasi-koperasi yang sehat.

"Semua koperasi akan dialirkan dana bergulir termasuk juga semua koperasi yang ada di Kabupaten Cianjur. Yang terpenting usaha koperasinya masih bagus dan berjalan," kata Syarief terburu-buru.

Untuk dananya sendiri, kata Syarief, kementerian menganggarkan Rp 1,6 triliun. Nilai itu untuk disalurkan semua koperasi yang ada di Indonesia.

"Dana itu bebas diberikan tergantung program yang dimiliki sebuah koperasi. Karena itu tidak ada presentase khusus untuk setiap wilayah," kata Syarief seraya mengatakan sangat memberikan perhatian khusus untuk koperasi di Kabupaten Cianjur.

Kedatangan Syarief ke Kantor Bupati merupakan rangkaian kunjungan kerjanya selama bulan Ramadan. Ia pun membagikan sembako di pasar rakyat yang dilaksanakan atas kerjasama antara Kementerian Koperasi dan UKM RI Deputi Bidang Pemasaran dan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Cianjur.

Sebanyak 1500 paket sembako dengan harga per paketnya Rp 12 ribu dibagikan kepada masyarakat di halaman parkir belakang Kantor Bupati. (cis)

Penulis: cis
Editor: jan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas