Jumat, 4 September 2015

Jahe Hantu, dari Tugas Kuliah Jadi Bisnis Baru

Senin, 3 Juni 2013 12:12

Namun, di tangan Wardoyo Adi Putro A, Vico Arinta, dan Aji Robin Santoso, minuman tersebut dikreasikan menjadi minuman yang lebih unik dan modern tanpa meninggalkan rasa asli jahe yang hangat. Mereka menamakannya "Jahe Hantu", singkatan dari Minuman Jahe Penghangat Tubuh.

Inovasi tiga mahasiswa semester 6 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) itu berawal dari kegemaran mereka yang suka nongkrong di angkringan sepulang dari kuliah. "Kami selalu pesan wedang susu jahe," kata Adi yang ditemui Kompas.com, akhir pekan lalu.

Nama itu diambil, karena jahe merupakan tanaman yang mengandung banyak manfaat, salah satunya menghangatkan tubuh. Pembuatan minuman jahe pada umumnya melalui beberapa tahap. Bagi, sebagian masyarakat pekerja atau yang tidak memiliki banyak waktu luang, hal itu tentu akan merepotkan. Maka munculah gagasan untuk membuat minuman jahe instan.

"Kebetulan waktu itu kami masih semester 5 ada tugas mata kuliah Koperasi dan UMKM, pada mata kuliah itu kami diharuskan menciptakan ide usaha yang produktif, kreatif, inovatif dan prospektif. Jadilah 'Jahe Hantu' ini yang kami ajukan kepada dosen," cerita Adi.

Semula, produksi jahe instan ini memang hanya sebatas untuk memenuhi tugas kuliah saja. Namun, mereka berpikir untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, mengingat peluang dunia bisnis dibidang minuman sangat terbuka lebar.

Tidak hanya sekadar praktis yang jadi unggulan 'Jahe Hantu'. Menurut Adi, Vico dan Robin, minuman ini juga dikreasikan dengan aneka macam rasa dan topping serta sebutan yang unik. Misalnya, Asli Jahat (jahe instan), Suju Sehat (susu jahe), j.co (jahe coffe), teja sedap (teh jahe), java nikmat (jahe vanilla), Justru Enak (Jahe Strawberry), J.lo dan Robin (Jahe Coklat).

"Beberapa resep kami konsultasi dengan ibu saya, sebagian lagi hasil eksperimen kami sendiri," lanjut Adi lagi.

Halaman12
Editor: dar
Sumber: Kompas
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas