Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Jabar

Pelantikan Gubernur Jabar Gunakan Pengamanan Tiga Lapis

Rabu, 15 Mei 2013 19:49 WIB

BANDUNG, TRIBUN - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung telah melakukan berbagai persiapan untuk melakukan pengamanan pada pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, 13 Juni mendatang. 

Rencananya, pelantikan sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, bahwa pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat itu akan dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung. 

"Karena berada di wilayah hukum Polrestabes Bandung, jadi kita telah menyusun rencana pengamanan. Saat ini, baru bersifat internal ke dalam. Nanti, ada rapat lanjutan ditingkat Polda tentunya nanti dengan Pemda Provinsi Jabar, KPU, DPRD Tk I untuk membahas lebih teknis lagi rencana pengamanan ini," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso di Mapolrestabes Bandung, Rabu (15/5).

Personel yang dipersiapkan pada pengamanan nanti, anggota Polrestabes Bandung mengerahkan  1232 personel. Pada pelaksanaannya nanti, para personel itu akan terbagi ke dalam tiga ring pengamanan. 

Tak dimungkiri, lokasi pelantikan gubernur tersebut sempat mengemuka beberapa alternatif lokasi pelaksanaan selain di Gedung Merdeka. Salah satunya di Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Bandung. Seperti halnya yang diusulkan oleh Polrestabes Bandung sebagai pihak keamanan untuk menggunakan tempat wakil rakyat bertugas tersebut. 

"Tapi, kami sudah dapat instruksi dari Polda Jabar, tempat pelantikan itu di Gedung Merdeka. Ini kan masih ada waktu satu bulan, ada kemungkinan masih bisa berubah. Kita harus lihat, bias dari kemacetan, penataan parkir, mana sisi yang lebih menguntungkan dari opsi-opsi itu, apa di Gedung Merdeka atau di lokasi lain," ujar Rakhman. 

Perihal pelaksanaan pelantikan gubernur yang berbarengan dengan kegiatan kampanye Pilwalkot 2013, Kapolrestabes menganggap tidak menjadi masalah. Pasalnya, selama ini di Bandung kerap berlangsung berbagai acara dalam satu hari dan sejauh ini pengamanan berlangsung aman, tertib, dan lancar. (dic)
Penulis: dic
Editor: dia
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas