• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jabar

Diduga Ada Kandungan Emas di Gunung Padang

Jumat, 5 April 2013 12:21 WIB
Diduga Ada Kandungan Emas di Gunung Padang
Deni Denaswara
Situs Megalitik Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur
CIANJUR, TRIBUN - Pernyataan mengejutkan dilontarkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Bachrudin Ali, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Bachrudin mengatakan, di bawah situs megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur terdapat kandungan logam.

"Memang benar dibawah Situs Gunung Padang itu ada kandungan emas dan besi. Karena keberadaan Gunung Padang itu berada pada jalur guratan Gunung Rosa yang memiliki kandungan emas dan besi," kata Bachrudin, Jumat (5/4).

Menurut Bachrudin, hampir seluruh gunung yang sejalur dengan gunung Rosa memiliki kandungan besi dan emas. Demikian juga yang terdapat di Gunung Padang. Itu dikatakannya berdasarkan hasil penelitian jalur emasnya sampai ke Sukanagara, Tanggeung, Cibinong, Cikadu, Naringgul dan ke arah Garut.

"Jangan kira, jalur pertambangan emas Pongkor Bogor saja sudah sampai di Cianjur. Memang di bawah situs Gunung ada kandungan besi dan emas, itu tidak bisa dipungkiri. Masyarakat juga sudah tahu hanya deposit besar kecilnya saja yang belum diketahui," kata Bachrudin.

Terkait dengan penelitian ulang terhadap keberadaan Situs Megalitikum Gunung Padang, pihak Pemkab Cianjur sudah memberikan ijin penelitian ulang. Hanya saja sampai saat ini belum mendapatkan laporan hasil dari penelitian tersebut.

"Bagi Pemkab Cianjur yang terpenting tidak merugikan masyarakat, semuanya akita lakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Termasuk masalah pembebasan lahan sejauh mana artefak (luasan) kita koordinasikan," katanya. (*)
Penulis: cis
Editor: dar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas