Lapas Diserbu

Kasi Intel: Seluruh Anggota Kopassus Ada di Markas

Kasi Intel Grup II Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Kapten Inf Wahyu Yuniartoto menyatakan seluruh anggotanya berada di

SUKOHARJO, TRIBUN - Kasi Intel Grup II Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Kapten Inf Wahyu Yuniartoto menyatakan seluruh anggotanya berada di dalam satuan saat kejadian penyerangan di Lapas Cebongan Sleman DIY, Sabtu (23/03/2013) dini hari.

Tidak ada satupun anggota Grup II Kopassus yang keluar dari kegiatan pengamanan markas. "Saat kejadian seluruh anggota melaksanakan kegiatan siaga di dalam satuan," katanya saat ditemui wartawan, Sabtu (23/03/2013).

Berdasarkan SOP Kopassus, setiap anggota wajib melaksanakan dinas pengamanan pangkalan. Seluruh anggota wajib di dalam satuan dan tidak diperbolehkan satu pun keluar pangkalan saat malam hari. "Tidak ada satupun anggota yang ke luar," tegasnya.

Terlebih, prosedur keluar masuk anggota satu pintu dan sesuai prosedur harus ada izin dan pencatatan keluar masuk anggota. "Tidak mungkin ada anggota ke luar. Karena setiap keluar masuk anggota selalu ada catatan," jelasnya. Jumlah anggota Kopassus di Kandang Menjangan berjumlah sekitar 800 orang dan kesemuanya menjalankan dinas pengamanan pangkalan saat kejadian.

Oleh karenanya, pihaknya belum bisa memberi keterangan mengenai kejadian tersebut. Menurut dia, kejadian tersebut menjadi ranah pihak Kepolisian untuk melakukan penyelidikan karena masuk dalam kasus hukum. "Karena ini ranah hukum, kita serahkan semuanya kepada pihak kepolisian," jelasnya. (ade)

Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved