Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Jabar

Daftar Pemilih Tetap Jabar Ditetapkan

Selasa, 15 Januari 2013 11:00 WIB

Daftar Pemilih Tetap Jabar Ditetapkan
Deddi Rustandi
ILUSTRASI persiapan pemilukada
BANDUNG, TRIBUN - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Selasa (15/1/2013) ini menggelar rapat terbuka penetapan daftar pemilih tetap untuk Pilkada Jabar yang dilangsungkan tanggal 24 Februari 2013. Angka yang ditetapkan hari ini bakal menjadi jumlah pemilih yang akan berpartisipasi dalam pemungutan suara bulan Februari mendatang.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan daftar pemilih sementara sebanyak 32,2 juta nama. Mereka menyerahkannya kepada lima pasang peserta untuk diverifikasi bersama-sama pada malam pengundian nomor urut tanggal 18 Desember 2012.

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, mengharapkan tenggang waktu hampir sebulan dimanfaatkan peserta untuk ikut memantau daftar nama pemilih. "Masa daftarnya tidak dibuka," ujarnya.

Mekanisme dari rapat terbuka ini adalah setiap perwakilan KPU tingkat kabupaten dan kota menyampaikan rekapitulasi DPT dari masing-masing daerah. Setelah dijumlahkan, perwakilan peserta dipersilahkan untuk memberi masukan bila ada yang belum terdata. Tentunya mereka juga harus menyertakan bukti tertulis.

Yayat berharap agar rapat ini menjadi kesempatan bagi peserta Pilkada agar ikut memantau daftar nama pemilih. Secara formal, dia mengaku belum tahu angka pasti DPT setelah ditetapkan. Beberapa simulasi memang sudah pernah dilakukan untuk memprediksi pemilih dari Jabar.

Hingga kini, Jabar menjadi provinsi yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia. (*)
Editor: dar
Sumber: Kompas

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas