Sabtu, 22 November 2014
Tribun Jabar

Unisba Buka Pusat Studi Bahasa Arab

Selasa, 18 Desember 2012 17:13 WIB

BANDUNG,TRIBUN - Pendudukan Indonesia mayoritas beragam Islam. Namun masih sedikit yang bisa berbahasa Arab. Untuk menarik minat serta memperbanyak orang bisa berbahasa Arab Universitas Islam Bandung akan membuka Pusat Studi Bahasa Arab bekerjasama dengan Kerajaan Arab Saudi.

"Bahasa asing lain lebih populer, bahasa Arab justru kurang. Coba sekarang kembalikan ke diri kita, apa kita sudah mengerti dengan bacaan ibadah sholat yang kita lakukan setiap hari?,"  kata Rektor Universitas Islam Bandung ProfThaufiq Boesoirie pada acara Seminar dan Pemodelan Penguatan Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta tahun 2012 yang dihadiri Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H. E. Mr. Mustafa Ibrahim A. Al-Mubarak di Aula Pasca Sarjana Unisba Jalan Purnawarman, Selasa (18/12).

Menurutnya, untuk semakin menambah minat orang untuk bisa berbahasa Arab, pihaknya akan mendirikan pusat studi bahasa Arab. Dan sebagai tahap awal Unisba bekerjasama dengan Kerajaan Arab Saudi memberikan penguatan pembelajaran bahasa Arab kepada mahasiswa dan juga dosen baik itu dari jurusan keagamaan maupun nonkeagamaan. Diharapkan dengan adanya pusat Studi Bahasa Arab ini bisa diakses masyarakat luas.

"Apalagi, salah satu universitas terbesar dan tertua di Arab Saudi, Al-Imam Muhammad Ibn Saud University sudah meminta langsung Unisba untuk menjadi Pusat Studi Bahasa Arab di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, menurut Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H E Mr. Mustafa Ibrahim A. Al-Mubarak, pihaknya sangat mendukung adanya rencana tersebut. Karena selama ini masih ada anggapan bahwa bahasa Arab itu sulit,padahal sangat mudah.
"Kami akan memberikan bantuan untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab di sini. Apa saja, bukan hanya dosen dan tenaga pengajarnya," katanya. (tif)
Penulis: tif
Editor: dia
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas