Sabtu, 27 Desember 2014
Tribun Jabar

Jalan Amir Machmud akan Direkayasa Pagi dan Sore

Selasa, 11 Desember 2012 20:30 WIB

CIMAHI, TRIBUN - Guna mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Kota Cimahi, mulai Senin (17/12/2012) hingga Minggu (23/12/2012), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi akan memberlakukan uji coba sistem kanalisasi kendaraan roda dua maupun roda empat di Jalan Amir Machmud yang memanjang dari Kota Cimahi hingga sebagian wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dengan sistem kanalisasi tersebut, setiap jalur akan dibagi menjadi dua lajur sehingga total jalur kiri dan kanan jalan menjadi empat lajur. Lajur pertama (kiri) akan digunakan khusus untuk kendaraan roda dua dan lajur kedua khusus untuk kendaraan roda empat atau lebih. Begitu pun untuk lajur sebaliknya atau yang berlawanan arah.

Dengan demikian, angkutan kota (angkot) tidak dapat berhenti seenaknya di median jalan, melainkan terpaksa harus benar-benar masuk ke jalur yang digunakan sepeda motor. Dengan begitu, saat terjadi penurunan penumpang oleh armada angkot, tidak akan terjadi antrean panjang.

"Lebar lajur untuk sepeda motor disediakan sekitar 2 meter, sedangkan untuk kendaraan roda empat mencapai empat meter," jelas Kasatlantas Polres Kota Cimahi, AKP Irwansyah kepada wartawan di Mapolres Cimahi, Selasa (11/12/2012).

Sistem ini akan diberlakukan mulai pertigaan Jalan Daeng Muhammad Ardiwinata (Dekat jalan Cihanjuang) sampai pertigaan Jalan Pesantren. Polanya hampir mirip dengan Jalan Soekarno Hatta Bandung di mana setiap jalur memiliki jalur cepat untuk kendaraan roda empat dan jalur lambat di sebelah kiri untuk sepeda motor.

Dikatakan Irwansyah sistem kanalisasi jalan itu merupakan bagian dari rekayasa jalan guna mengurangi dan mengurai kemacetan dengan memanfaatkan fasilitas jalan yang ada. Selain itu, kata dia, pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Pemkot Cimahi, Dinas Perhubungan serta Dinas Pekerjaan Umum.

Sistem kanalisasi tersebut, lanjut dia, akan diberlakukan pada pagi dan sore hari. Untuk pagi hari dimulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 dan sore hari mulai pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB. (zam)
Penulis: zam
Editor: dia
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas