• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Tribun Jabar

Cengkok Nining Meida Tak Lekang oleh Waktu

Senin, 22 Oktober 2012 11:22 WIB
Cengkok Nining Meida Tak Lekang oleh Waktu
Deni Denaswara
KALANGKANG MEIDA - Penyanyi pop Sunda Nining Meida membawakan lagu-lagu andalannya saat Konser Tunggal Meida di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Jalan Tamansari, Bandung, Minggu (21/10/12).
Oleh Dedy Herdiana

LENGKINGAN
vokal penyanyi pop Sunda era 80-an Nining Meida masih mampu memuaskan sekitar 3.000 penonton yang hadir pada konser tunggal di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Minggu (21/10) malam. Vokalnya yang kental dengan cengkok Sunda terdengar seperti vokalnya sekitar 26 tahun lalu saat albumnya Kalangkang meledak, seakan tak lekang oleh waktu.

Meski konsernya kali ini diiringi musik kolaborasi antara tradisional dan orkestra dari Kampiun b'Band, Galengan Sora Awi Bandung dan String di bawah awahan Abah Odoy, vokal Nining masih jelas kentara halimpu (lembut). Bahkan pada tampilan pembukanya, Nining, yang membawakan Kalangkang dikolaborasikan dengan musik hip hop dari rapper anak muda, Sundanis, mampu mengimbanginya. Hampir semua penonton pun langsung memberikan tepuk tangan yang meriah di akhir tembang Kalangkang itu.

"Sampurasun. Hatur nuhun ka sadaya anu parantos sumping ka dieu. Sing janten amal soleh sareng ngajantenkeun budaya Sunda hurip saterasna. Hurip Sunda (Terima kasih untuk semua yang sudah hadir di sini. Semoga menjadi amal saleh dan menjadikan budaya Sunda hidup seterusnya)," ucap Nining setelah membawakan lagu pembuka pada konser yang prekonsernya juga diawali dengan lantunan rajah dan membakar kemenyan oleh sesepuh Kampung Adat Cikondang, Abah Ilin, ini.

Nining, yang mengenakan gaun kebaya putih mengilap dipadu bawahan kain batik lereng putih serta sanggul rambut yang dihiasi bunga melati, juga langsung membawakan tembang lainnya yakni, Sesah Hilapna, Tibelat dan Kulu-kulu Sadunya.

Tak hanya itu, Nining, yang menyanyikan sekitar 15 lagu, juga didukung penyanyi lain seperti Neneng Fitri, Sony, Rya Fitria 'KDI', dan Rita Tila. Pada konser itu Neneng Fitri berduet bersama Sony membawakan lagu Es Lilin dan Potret Manehna. Rya Fitria membawakan tembang Alim Patebih dan Fatamorgana. Adapun Rita Tila menyanyikan lagu Bagja Jeung Cinta dan Hanjakal.

Bahkan di tengah konsernya, Nining juga menunjukkan kembali keindahan vokalnya dengan tembang-tembang populer. Dengan gaun tradisional Sunda yang lebih gemerlap, Nining menyanyikan tembang Karembong Kayas yang di akhir lagunya dijelaskan Nining bahwa lagu itu untuk mengenang Ujang Suryana almarhum. Selain itu Nining juga menembangkan lagu Kawah Putih dan Mojang Priangan, serta salah satu lagu terpopulernya, Anjeun.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, yang hadir bersama istrinya, Netty Heryawan, dalam sambutannya mengatakan konser tersebut merupakan momen untuk memajukan budaya Sunda. Gubernur mengharapkan, konser tersebut mampu memacu seniman dan budayawan Sunda untuk terus berkreativitas, terutama kalangan muda.

"Saya bersyukur bisa menghadiri acara ini karena kita juga sudah tidak asing dengan lagu-lagunya. Dan yang paling penting ini untuk mengapresiasi, ngamumule lagu Sunda, kalau bukan kita siapa lagi. Jadi ini momentum untuk memajukan budaya Sunda," kata Heryawan.

Selepas memberi sambutan, Heryawan dan Netty Heryawan didaulat untuk menyanyi oleh pembawa acara Neo D'Bodors. Heryawan dan Netty pun akhirnya berduet membawakan tembang Sorban  Palid. Pada acara itu selain dihadiri para pencinta pop Sunda juga hadir Kepala Disparbud Jabar Drs Nunung Sobari MM, Sekda Kota Bandung Edi Siswadi, tokoh Jabar HD Sutrisno, dan para seniman serta budayawan Jabar.

Suasana panggung malam itu semakin semarak menyambut penutupan konser. Selain itu di akhir acara digelar lelang kostum yang dipakai Nining Meida, serta pemberian penghargaan kepada Yan Achiemsha, Nano S (alm), Ujang Suryana (alm), Abah Odoy, Whisnu Record, Doel Sumbang, Kampiun b'Band, TVRI Jabar, Dodi BR, dan Yossi Wijaya. (*)
Penulis: ddh
Editor: dar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
48092 articles 4 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas