Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jabar

Keramik Kiaracondong Dijual Sampai Papua

Kamis, 6 September 2012 15:32 WIB

BANDUNG, TRIBUN - Keramik buatan perajin di Kebon Jayanti, Kiaracondong, Kota Bandung dijual ke sejumlah daerah di nusantara. Sebut saja Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Penjualan ke daerah di luar Jawa itu dilakukan dengan cara dikirim per dua pekan sekali sebanyak satu truk. Biasanya, keramik karya perajin dikumpulkan lalu dikirim ke luar Jawa sesuai dengan jumlah permintaan.

"Keramiknya campur-campur, ada berupa piring besar, guci, atau cenderamata. Tapi kalau ke Papua permintaan lebih banyak di piring besar ya karena katanya piring tersebut digunakan untuk acara adat pernikahan," kata perajin keramik Kiaracondong, Oman, di rumahnya, Kamis (6/9).

Sentra keramik Kiaracondong sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Bahkan ada yang menyebutkan, sejak masa penjajahan pun di daerah Kebon Jayanti sudah ada perajin keramik, dengan dimulai dari pembuatan gerabah dari tanah liat.

Namun sampai 2012 ini, jumlah perajin keramik tinggal tersisa sekitar enam orang. Puluhan perajin lain gulung tikar, setelah harga bahan bakar berupa minyak tanah naik beberapa tahun yang lalu. (*)
Penulis: roh
Editor: dar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas