A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas - Tribun Jabar
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 23 Agustus 2014
Tribun Jabar

Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas

Selasa, 4 September 2012 13:30 WIB
Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas - 20120902andra_cuanki_dara_kembar_(1).jpg
Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas - 20120902andra_cuanki_serayu.jpg
SALAH satu hidangan paling dicari saat musim hujan atau dingin adalah cuanki. Makanan sejenis bakso lengkap dengan tahu dan mi ini biasanya dijual pedagang keliling dengan tanggungannya berupa dua kotak warna putih atau perak yang khas.

Cuanki memang lebih banyak dijual dengan cara itu karena konon cuanki merupakan kependekan dari "cari uang jalan kaki". Jadi, tidak salah jika ternyata pedagang cuanki berdagang keliling dengan berjalan kaki.

Karena dijual keliling, Anda harus sabar menanti datangnya cuanki. Tapi jika Anda tidak sabar menunggu, ada juga cuanki yang berdagang tetap di satu tempat, lengkap dengan gerobak serta meja dan kursi. Di Bandung cuanki yang dijual di tempat tepat ada Cuanki Dara Kembar dan  Cuanki Serayu.

Meski sama-sama menjual menu cuanki, kedua cuanki ini punya ciri khas masing-masing. Cuanki Dara Kembar punya ciri khas penggunaan piring panas (hot plate) untuk penyajiannya. Tidak seperti cuanki pada umumnya yang disajikan dalam mangkuk putih bergambar ayam jago, di kedai cuanki di Jalan Gajah itu, cuanki disajikan dalam mangkuk tanah liat panas.

"Pertama-tama cuanki disiapkan dalam mangkuk tahan panas. Kemudian mangkuk itu ikut dipanaskan juga sehingga panas dari cuanki akan bertahan lebih lama," ujar Medi, pemilik Cuanki Dara Kembar.

Soal menu, jangan ditanya. Kedai cuanki ini menawarkan beberapa paket yang bisa Anda pilih. Mulai dari pake yang terbilang hemat hingga pake komplet. Meski paketnya berbeda-beda, penyajiannya tetap sama yaitu menggunakan hot plate.

Seporsi cuanki biasanya berisi bakso, siomay, dan tahu yang disajikan dengan kuah hangat. Yang sedikit berbeda adalah keringannya. Untuk keringannya ada pangsit dan juga reuwazz. Reuwazz ini adalah siomay yang di dalamnya terdapat ranjau rawit.

Reuwazz yang berasal dari reuwas (kaget) ini bisa jadi ekspresi para penikmat menu ini ketika menggigit rawit yang ada di dalam siomay goreng ini. Paket-paket menu ini ditawarkan mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 19.500. Sekarang ini, kedai cuanki ini juga mulai memproduksi produk beku seperti siomay, siomay reuwazz, dan baso tahu.

Satu bungkus cuanki yang dikemas dengan cara divakum ini terdiri dari 20 potong dan ditawarkan Rp 40.000. NantinyaMedi berencana membuat bumbu untuk dikemas bersama cuanki frozen (beku) sehingga bisa menikmati cuanki persis dengan bumbu yang ia jual di kedainya.

Lain Cuanki Dara Kembar, lain juga Cuanki Serayu. Warung cuanki yang sudah berdiri sejak tahun 1990-an ini memang sudah melegenda. Buktinya adalah warung cuanki yang berlokasi di Jalan Serayu No 2 ini selalu dipenuhi pelanggan. Dengan daya tampung 30 orang, pelanggan kerap harus berdesak-desakan atau malah harus mengantre lama untuk menyantap cuanki.

Rasa yang enak dan harga yang terjangkau membuat cuanki yang juga mangkal dengan gerobak di Jalan Cihapit ini selalu jadi favorit. Semangkuk cuanki biasanya berisi bakso, tahu, dan siomay sedangkan untuk keringannya ada siomay goreng dan juga pangsit.

Cuanki di Jalan Serayu ini ditawarkan dengan paket satu porsi yang berisi enam potong. Sedangkan setengah porsi hanya berisi empat potong. Harga yang ditawarkan untuk seporsi cuanki adalah Rp 10.000 dan Rp 7.000 untuk setengah porsi. (*)

Cuanki Khas Bandung
1. Cuanki Dara Kembar,  Jalan Gajah No 41
2. Cuanki Serayu, Jalan Serayu No 2
Penulis:
Editor: dar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
18624 articles 4 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas