Jumat, 28 Agustus 2015

Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas

Selasa, 4 September 2012 13:30

Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas - 20120902andra_cuanki_dara_kembar_(1).jpg
Sedapnya Semangkuk Cuanki Panas - 20120902andra_cuanki_serayu.jpg

Cuanki memang lebih banyak dijual dengan cara itu karena konon cuanki merupakan kependekan dari "cari uang jalan kaki". Jadi, tidak salah jika ternyata pedagang cuanki berdagang keliling dengan berjalan kaki.

Karena dijual keliling, Anda harus sabar menanti datangnya cuanki. Tapi jika Anda tidak sabar menunggu, ada juga cuanki yang berdagang tetap di satu tempat, lengkap dengan gerobak serta meja dan kursi. Di Bandung cuanki yang dijual di tempat tepat ada Cuanki Dara Kembar dan  Cuanki Serayu.

Meski sama-sama menjual menu cuanki, kedua cuanki ini punya ciri khas masing-masing. Cuanki Dara Kembar punya ciri khas penggunaan piring panas (hot plate) untuk penyajiannya. Tidak seperti cuanki pada umumnya yang disajikan dalam mangkuk putih bergambar ayam jago, di kedai cuanki di Jalan Gajah itu, cuanki disajikan dalam mangkuk tanah liat panas.

"Pertama-tama cuanki disiapkan dalam mangkuk tahan panas. Kemudian mangkuk itu ikut dipanaskan juga sehingga panas dari cuanki akan bertahan lebih lama," ujar Medi, pemilik Cuanki Dara Kembar.

Soal menu, jangan ditanya. Kedai cuanki ini menawarkan beberapa paket yang bisa Anda pilih. Mulai dari pake yang terbilang hemat hingga pake komplet. Meski paketnya berbeda-beda, penyajiannya tetap sama yaitu menggunakan hot plate.

Seporsi cuanki biasanya berisi bakso, siomay, dan tahu yang disajikan dengan kuah hangat. Yang sedikit berbeda adalah keringannya. Untuk keringannya ada pangsit dan juga reuwazz. Reuwazz ini adalah siomay yang di dalamnya terdapat ranjau rawit.

Reuwazz yang berasal dari reuwas (kaget) ini bisa jadi ekspresi para penikmat menu ini ketika menggigit rawit yang ada di dalam siomay goreng ini. Paket-paket menu ini ditawarkan mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 19.500. Sekarang ini, kedai cuanki ini juga mulai memproduksi produk beku seperti siomay, siomay reuwazz, dan baso tahu.

Halaman12
Penulis:
Editor: dar
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas