GUINNES BOOK OF WORLD RECORD

Tulisan Raksasa di Purbaleunyi Kalahkan Hollywood

ADA pemandangan baru bagi Anda pengguna jalan tol Purbaleunyi menuju arah Bandung. Sebuah letter sign raksasa bertulisan "DJARUM SUPER"

Tulisan Raksasa di Purbaleunyi Kalahkan Hollywood
Andra Nur Oktaviani
TULISAN RAKSASA - Letter sign Djarum Super tampak dari kejauhan di ruas jalan tol Purbaleunyi arah ke Bandung, Senin (23/4/2012).
Oleh Andra N Oktaviani

ADA pemandangan baru bagi Anda pengguna jalan tol Purbaleunyi menuju arah Bandung. Sebuah letter sign raksasa bertulisan "DJARUM SUPER" lengkap dengan logonya berdiri kokoh di titik KM 92,8. Letter sign ini sudah bisa terlihat dari KM 89,6 atau sekitar 3 kilometer dari tempat letter sign itu berada.

Letter sign ini tentu mengingatkan Anda pada letter sign "HOLLYWOOD" di Los Angeles. Tulisan raksasa itu sudah lama menjadi salah satu kebanggaan negeri Paman Sam. Indonesia pun kini punya letter sign serupa, bahkan ukurannya dua kali lipat lebih besar.

Ya, letter sign yang digagas PT Djarum cabang Jawa Barat itu memang punya ukuran yang lebih besar daripada yang ada di LA sana. Letter sign ini dibangun dengan fondasi sedalam 30 meter dan tinggi totak 23,5 meter dari permukaan tanah.

Sebanyak total 199 buah panel besi dengan berat total 17.975 kilogram dan panjang lebih dari 100 meter digunakan untuk membangun letter sign yang berlokasi di Kampung Pasir Muncul, Sukatani, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, itu.

Selain tentunya untuk branding, pembangunan letter sign ini juga bertujuan agar ada objek yang bisa dibanggakan oleh Djarum dan juga warga sekitar. "Biar ada sesuatu yang unik juga di jalan tol," ujar Sugian Sinanto, perwakilan dari PT Djarum, saat jumpa wartawan dalam kegiatan peresmian letter sign, Senin (23/4) siang.

"Karya ini memang bukan sekadar untuk promosi, tapi juga untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan orang banyak. Agar bisa bersinergi sekaligus mengangkat masyarakat. Ke depannya, tempat ini akan dijadikan tempat penyelenggaraan beberapa event kecil. Salah satunya, sudah ada komunitas sepeda untuk turun gunung dari sini," tutur Herman Sutanto, perwakilan PT Djarum.

Pembangunan letter sign sepanjang 117,7 meter ini membutuhkan waktu 18 bulan yang dibagi menjadi lima tahap, yaitu survei, pemasangan tiang pancang, pembuatan fondasi, pembangunan konstruksi, dan pemasangan panel.

"Pembangunan ini sebetulnya ditargetkan selesai dalam jangka waktu enam bulan. Namun karena tingkat kesulitan yang sangat tinggi, target kami mundurkan hingga 18 bulan. Tapi kami tetap merasa bangga dapat mempersembahkan karya yang mampu menuai penghargaan dunia ini," ujar Sugian.

Letter sign ini juga berhasil menyabet gelar "The Biggest Letters Sign" dari Record Holders Republic yang nantinya akan didaftarkan ke Guinness Book of World Record. Pada peresmian ini juga hadir Deddy Corbuzier selaku Asian President of Record Holders Republic untuk secara langsung menyerahkan sertifikat resmi world record kepada PT Djarum.

"Kami tidak pernah menargetkan untuk membuat karya ini menjadi yang terbesar di dunia. Ini merupakan kejutan dan kebanggaan tersendiri bagi kami. Namun rasanya  pantas jika kebanggaan ini menjadi milik Indonesia juga," kata Roland Halim, Brand Manager Djarum Super.

Seluruh proses dan teknik pembuatan letter sign ini dilakukan oleh orang Indonesia tanpa ada campur tangan orang asing. Roland juga berharap ini bisa menginspirasi orang-orang Indonesia bahwa jika digarap dengan tekun dan konsisten, karya Indonesia juga tidak kalah dibandingkan dengan karya orang asing. (*)

Penulis:
Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved