• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribun Jabar

Sepeda Motor Lebih Irit Pakai Elpiji

Sabtu, 31 Maret 2012 11:25 WIB
Sepeda Motor Lebih Irit Pakai Elpiji
Siti Fatimah
Zuhdi A Karim dari LPIK ITB bersama kendaraan roda dua dengan menggunakan bahan bakar gas/elpiji, Kamis (29/3). Ia membuat konverter gas untuk kendaraan roda dua.
Oleh Siti fatimah

MASYARAKAT
Indonesia belum terbiasa menggunakan bahan bakar alternatif, padahal bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia semakin lama semakin mahal. Bila bahan bakar alternatif ini sudah dimanfaatkan maksimal, harga BBM semahal berapa pun takkan terlalu jadi beban karena bisa beralih ke bahan bakar lainnya.

Adalah Zuhdi A Karim, peneliti dari LPIK ITB, yang mencoba membuat konverter sederhana, sebuah alat yang bisa menggerakkan mesin dengan menggunakan bahan bakar gas/elpiji. Karya Zuhdi ini fokus pada mesin-mesin yang biasa digunakan masyarakat menengah ke bawah.

Salah satu yang sudah dicobanya adalah membuat konventer pada sepeda motor. Alatnya sangat sederhana, Zuhdi hanya memanfaatkan tabung gas 3 kilogram, sebuah wadah bekas cat yang terbuat dari plastik, kantong plastik/keresek, selang serta alat khusus untuk mengatur gas yang akan disalurkan/dikeluarkan dari tabung.

Tabung gas 3 kg itu diletakkan di jok belakang motor. Sebuah selang dengan ketebalan 3 milimeter tersambung dari tabung gas ke wadah bekas cat yang di dalamnya terdapat kantong plastik/keresek. Dari wadah inilah gas ditampung untuk kemudian akan diisap oleh karburator motor. Bila sudah terisap, motor sudah bisa dihidupkan. Meski sederhana, alat ini mampu menggerakkan motor bahkan hingga 100 kilometer dari 3 kg tabung gas tersebut.

"Saya sudah coba menggunakan motor dengan bahan bakar gas ini ke Cicalengka sampai Majalaya dan tempat-tempat lain. Lancar dan tidak ada kendala berarti," kata Zuhdi saat ditemui di "bengkel" khusus penelitiannya di Kompleks Panghegar, Ujungberung, Kamis (29/3).

Bahan bakar gas ini, ujarnya, lebih irit dibanding bensin. Sebagai pembanding, untuk menempuh jarak 30 kilometer, dibutuhkan 1 liter bensin. Tapi bila menggunakan gas cukup 1 kilogram untuk menempuh jarak 40 kilometer. Cukup irit, tapi Zuhdi menggarisbawahi, irit bila harga BBM jadi naik dan harga gas tetap atau tidak naik juga. Karena percuma bila harga BBM tetap, atau harga elpiji juga naik. Masyarakat akan lebih memilih menggunakan BBM daripada gas karena dinilai lebih mudah.

"Berbeda dengan jika harga BBM naik, orang akan mencoba beralih menggunakan bahan bakar yang lebih murah. Dengan catatan juga, pemerintah harus sudah siap pula memasok elpiji. Jangan sampai saat masyarakat sudah beralih, tapi sulit mendapatkan elpiji," katanya.

Menggunakan elpiji sebagai pengganti bensin pada roda dua, kelebihannya memang bisa mengirit pengeluaran bila BBM jadi naik, tapi ada kelemahannya juga. Menurut Zuhdi, kelemahannya karena alat karyanya masih sederhana, maka gas yang dialirkan untuk bahan bakar motor ini juga masih sangat manual alias tidak bisa menyesuaikan. Gas yang keluar dari tabung jumlahnya sama, dengan begitu kecepatan motor juga  sama. Tidak bisa dipacu lebih cepat. Selain itu, motor juga sulit bila digunakan ke medan atau lokasi yang tinggi.

"Karena kalau motor naik, otomatis butuh tenaga lebih dan pasti butuh asupan bahan bakar yang lebih banyak juga. Alat ini masih sesederhana, belum bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau tenaga motor. Jadi hanya bisa digunakan di lokasi yang datar," katanya. (*)
Penulis: tif
Editor: dar
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/topik_populer.php

    Line Number: 11

TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help

A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Atas